PROBLEMATIKA PENGAJARAN MEMBACA TEKS ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA

JALALUDIN RAIS - NIM. 04420896, (2008) PROBLEMATIKA PENGAJARAN MEMBACA TEKS ARAB DI KELAS XI IPA SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pengajaran membaca teks Arab, problem-problem yang dihadapi siswa maupun guru serta usaha-usaha apa saja yang dilakukan oleh guru untuk menangani permasalahan- permasalahan yang timbul, sehingga tujuan pengajaran membaca teks Arab tersebut dapat tercapai sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi di kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan (observasi), wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) pelaksanaan pengajaran bahasa Arab bertujuan agar para siswa mampu membaca dan menulis Arab, dan dalam pengajarannya: guru membacakan teks terlebih dahulu, kemudian membaca secara bersama-sama lalu guru menjelaskan bacaan teks Arab tersebut baik mengenai qawa'id maupun maknanya. Dan maembaca disini lebih ditekankan dari aspek Lafzu al-maktubnya, dan belum samapai pada aspek Fahmu al-maqru' secara mendalam apalagi dari segi qawa'idnya. (2) problem yang dihadapi oleh guru bahasa Arab adalah terkait dengan tingkat hetrogenitas pemahaman siswa yang sangat tinggi, minat amp; motivasi siswa yang sangat rendah, masih banyaknya dari para siswa yang belum fasih dalam mengucapkan atau melafalkan huruf Arab sehingga berimplikasi terhadap kemampuan mereka dalam membaca teks Arab dan minimnya waktu yang tersedia. Sedangkan problem yang digadapi oleh siswa sendiri adalah kesulitan mengucapkan huruf-huruf hija'iyah yang berdekatan mahkraj hurufnya, penyajian materi yang terkesan kurang menarik dan metode pengajarnnya terkesan monoton. (3) dan usaha guru dalam menangani permasalahan yang timbul adalah dengan menambah jam ektrakurikuler, mengadakan pandampingan secara intensif bagi siswa yang belum fasih dalam membaca dan meamberikan fasilitas yang memadai seperti buku paket bahasa Arab, buku-buku bacaan berbahasa Arab dan berbagai macam kamus berbahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. H. Nazri Syakur, M.A.
Uncontrolled Keywords: Probematika, Membaca, teks Arab.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item