STRATEGI PENGEMBANGAN NASABAH BAITUL MAAL WATAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI CABANG NITIKAN YOGYAKARTA

ULIL MA’ARIF, NIM. 10240081 (2014) STRATEGI PENGEMBANGAN NASABAH BAITUL MAAL WATAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI CABANG NITIKAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGEMBANGAN NASABAH BAITUL MAAL WATAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI CABANG NITIKAN YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGEMBANGAN NASABAH BAITUL MAAL WATAMWIL (BMT) BINA IHSANUL FIKRI CABANG NITIKAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)

Abstract

Ulil Ma’arif (10240081) Strategi Pengembangan Nasabah BMT Bina Ihsanul Fikri cabang Nitikan Yogyakarta. Skripsi Yogyakarta Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Strategi Pengembangan Nasabah BMT Bina Ihsanul Fikri cabang Nitikan Yogyakarta. BMT Bina Ihsanul Fikri cabang Nitikan Yogyakarta merupakan lembaga keuangan syariah yang belum lama beroprasi sehingga perlu strategi untuk meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menggunakan tehnik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dengan tehnik triangulasi. Analisis data menggunakan analisis strategi pengembangan nasabah yaitu strategi produk, strategi harga, strategi lokasi dan layout, strategi promosi, pelayanan pelanggan (CS), kepuasan nasabah, analisis pesaing. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan nasabah yang dilakukan oleh BMT Bina Ihsanul Fikri cabang Nitikan Yogyakarta strategi produk jemput bola dengan memberikan banyak pilihan jenis produk pembiayaan, memberikan banyak pilihan terhadap jenis produk simpanan, berupaya proaktif dalam berinovasi terhadap produk. Strategi harga dalam penentuan harga diambil rata-rata dari harga pesaing, memberikan bagi hasil untuk simpanan, memberikan bagi hasil untuk pinjaman. Strategi lokasi dan layout dekat dengan Pasar Giwangan salah satu pasar terbesar di daerah Yogyakarta, masyarakatnya mayoritas pengusaha dan pengrajin cor alumunium, ruangan yang sejuk dan nyaman karena sudah ber-AC, tersedianya buku-buku islami, air mineral. Strategi promosi periklanan (advertising), promosi penjualan, publisitas, penjualan pribadi (personal selling). Pelayanan pelanggan (CS) kedekatan pelanggan (Silaturrahmi) dengan menggunakan sistem kekeluargaan, melayani pelanggan sebaik-baiknya termasuk ketika membutuhkan pendanaan, slogan 3S (senyum, sapa, salam). Kepuasan nasabah atau pelanggan selalu mengupayakan pendanaan, memperhatikan kualitas pelayanan, melayani nasabah dengan keramahan, sopan santun, serta pelayanan cepat dan efisien. Analisis pesaing menggunakan analisis SWOT, menciptakan produk yang memberikan keuntungan dan keamanan terhadap produknya. Strategi yang diterapkan BMT Bina Ihsanul Fikri cabang Nitikan Yogyakarta sudah cukup efektif untuk menjalani persaingan dunia perbankan yang ada di Indonesia, karena BMT BIF cabang Nitikan Yogyakarta tersebut mempunyai banyak pilihan produk dan mempunyai strategi yang belum tentu dimiliki oleh Bank konvensional, Bank syariah atau BMT lainnya, misalnya strategi produk Tabungan Wadi’ah Dhomanah , Tabungan Mudharabah (tabungan umum, tabungan qurban, tabungan walimah, tabungan pendidikan, tabungan haji), deposito mudharabah, sertifikat bagi hasil, penyertaan musyarakah , sertifikat pendiri. Sedangkan produk pembiayaan yaitu jual beli (Murabahah), bagi hasil (mudharabah-musyarakah), jasa (hiwalah-ar rahn-kaflah), kebajikan (al-qord, alqordhul hasan). Dan strategi harga menggunakan sistem bagi hasil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Toriq Nurmadiansyah. M. Si
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Aug 2014 14:16
Last Modified: 04 Dec 2015 11:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13836

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum