PENERAPAN PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN FIQH KELAS X SEMESTER II TAHUN AJARAN 2007-2008 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL

JAMAL KHAFID SAIFUDIN - NIM. 04410782, (2008) PENERAPAN PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE) DALAM PEMBELAJARAN FIQH KELAS X SEMESTER II TAHUN AJARAN 2007-2008 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SABDODADI BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan penilaian unjuk kerja (performance) dalam pembelajaran fiqh kelas X semester II tahun ajaran 2007/2008 di MAN Sabdodadi Bantul yang meliputi persepsi guru Fiqh MAN Sabdodadi Bantul tentang penilaian unjuk kerja, aplikasinya dalam menerapkan penilaian unjuk kerja, serta hasilnya penerapannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan penialaian tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil data MAN Sabdodadi Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan memberi arti, makna terhadap data yang telah dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dalam skripsi ini menggunakan teknik triangulasi yakni dengan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui sumber yang berbeda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, sebelum melaksanakan penilaian, yang perlu dipersiapkan guru adalah menentukan tujuan penggunaan penilaian unjuk kerja (performance). Setelah itu membuat perangkat pembelajaran sebagai acuan dalam menentukan kriteria penilaian unjuk kerja (performance) agar dapat sesuai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Dalam pelaksanaannya guru harus menyiapkan langkah-langkah penilaian, baik persiapan, pengambilan keputusan dan pelaporan hasil unjuk kerja (performance). Kedua, penilaian yang dilakukan oleh guru Fiqh kelas X dapat ditinjau dari segi proses dan hasil. Tinjaun proses artinya guru menilai keseriusan dan kekompakan siswa dalam melaksanakan penilaian unjuk kerja (performance). Sedangkan tinjaun hasil guru menilai kemampuan siswa berdasarkan kemampuan siswa mendemonstrasikan kompetensi dasar pada materi pokok tertentu. Kriteria penilaian masih berada ditangan guru, sehingga siswa dan pihak lain tidak dapat menilai kriteria secara pasti. Kendala utama dalam penerapan penilaian unjuk kerja (performance) adalah alokasi waktu sangat terbatas serta pengetahuan siswa dalam hal agama sangat minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Drs. Rofik., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penilaian, unjuk kerja (performance), Fiqh
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item