PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS DALAM KEGIATAN MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT DI BANTUL

ARFIAN BAYU BEKTI , NIM. 1220410047 (2014) PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS DALAM KEGIATAN MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT DI BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS DALAM KEGIATAN MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT DI BANTUL )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( PENDIDIKAN HUMANIS RELIGIUS DALAM KEGIATAN MAIYAH MOCOPAT SYAFAAT DI BANTUL )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh: Pertama, sejauh ini pendidikan masih ditempatkan sebagai transfer of knowledge, menyebabkan pendidikan telah tereduksi menjadi pengajaran sehingga masih jauh dari proses humanisasi. Kedua, dalam pendidikan Islam masih cenderung dominan nuansa normatifnya sehingga menyebabkan keilmuan yang berkembang menjadi tidak kontekstual dan masih mengenal dikotomi dalam keilmuan. Ketiga, Peneliti menemukan keunikan dalam kegiatan maiyah Mocopat Syafaat, yang selalu menarik perhatian banyak masyarakat dengan background sosial-kultural yang beragam. Suasana yang terbangun amat egaliter dan sering melakukan dialog antara narasumber dengan audiens dalam dimensi keilmuan yang beragam. Hal ini membuat penulis amat tertarik untuk meneliti mengenai pendidikan humanis religius yang terdapat dalam kegiatan Maiyah Mocopat Syafaat, yang dirinci dalam rumusan masalah yakni: (1) Apasajakah nilai-nilai pendidikan humanis religius yang terdapat dalam kegiatan Maiyah Mocopat Syafaat (2) Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan humanis religius dalam kegiatan Maiyah Mocopat Syafaat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan humanis religius dalam kegiatan Maiyah Mocopat Syafaat dan menjelaskan penanaman nilai-nilai pendidikan humanis religius dalam kegiatan Maiyah Mocopat Syafaat. Jenis penelitian dalam penulisan Tesis ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan historis fenomenologis. Penulis meneliti aspek tempat, pelaku, dan aktifitas. Dalam penelitian ini penulis mengguanakan purpose sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, serta dokumentasi. Teknik analisis data melalui langkah reduksi, display, dan triangulasi data untuk menguji validitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat beberapa nilai pendidikan humanis religius yang peneliti temukan diantaranya adalah; Nilai Egaliter (kesetaraan), Nilai Estetika (Keindahan) dan Kreatifitas, Nilai Akhlaq, Nilai Aqidah, Nilai Nasionalisme. (2) Penanaman pendidikan humanis religius dalam Maiyah Mocopat Syafaat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya adalah; Pendekatan Dialogis, Pendekatan Kultural, Pendekatan Multikultural, Pendekatan Holistik

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : M. Agus Nuryatno, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pendidikan, Humanis Religius, Kultural
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2014 10:52
Last Modified: 24 Apr 2015 17:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum