PERAN SOESILO TOER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PENGGUNA PERPUSTAKAAN PRAMOEDYA ANANTA TOER ANAK SEMUA BANGSA (PATABA) DI BLORA, JAWA TENGAH

ARJA KUSUMA , NIM. 1220010007 (2014) PERAN SOESILO TOER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PENGGUNA PERPUSTAKAAN PRAMOEDYA ANANTA TOER ANAK SEMUA BANGSA (PATABA) DI BLORA, JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN SOESILO TOER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PENGGUNA PERPUSTAKAAN PRAMOEDYA ANANTA TOER ANAK SEMUA BANGSA (PATABA) DI BLORA, JAWA TENGAH)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52MB) | Preview
[img] Text (PERAN SOESILO TOER DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MASYARAKAT PENGGUNA PERPUSTAKAAN PRAMOEDYA ANANTA TOER ANAK SEMUA BANGSA (PATABA) DI BLORA, JAWA TENGAH)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)

Abstract

Tesis ini berisi hasil penelitian tentang peran Soesilo Toer dalam meningkatkan minat baca masyarakat pengguna perpustakaan PATABA di Blora, Jawa Tengah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peran Soesilo Toer dalam meningkatkan minat baca masyarakat pengguna perpustakaan PATABA?; (2) bagaimana tanggapan pengguna terhadap peran Soesilo Toer tersebut?. Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh orang, yang terdiri dari pendiri/pengelola dan pengguna perpustakaan PATABA. Proses pengumpulan data, peneliti lakukan dengan cara wawancara baik terstruktur maupun tak terstruktur, observasi untuk mengamati lebih cermat lingkungan disekitar tempat penelitian; serta dokumentasi tentang kegiatan di Perpustakaan PATABA yang ditulis oleh Soesilo Toer dan pengguna. Dalam penelitian ini, menggunakan kajian teori tentang peran pustakawan sebagai makhluk sosial dan peran perpustakaan dalam meningkatkan minat baca, dalam teori tersebut, peneliti mengutip dari para ahli di bidang Ilmu Perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Soesilo Toer dalam meningkatkan minat baca masyarakat pengguna perpustakaan PATABA merupakan upaya Soesilo Toer untuk mencerdaskan masyarakat melalui kegiatan membaca dan menulis. Adapun yang dilakukan oleh Soesilo Toer adalah mengelola perpustakaan sesuai dengan kemampuannya. Selain itu, dalam mengelola Perpustakaan PATABA, Soesilo Toer bersikap terbuka dan bersahabat. Namun, apa yang dilakukan oleh Soesilo Toer, dipandangan dengan cara yang berbeda-beda oleh pengguna. Disatu sisi pengguna beranggapan bahwa Perpustakaan PATABA merupakan “perpustakaan liar”. Disisi lain, pengguna beranggapan Perpustakaan PATABA merupakan rumah baca yang sekaligus menjadi rumah budaya. Selain itu, pengguna juga beranggapan bahwa Soesilo Toer adalah penyebar virus membaca dan menulis. Maka dapat disimpulkan bahwa Soesilo Toer menyelenggarakan dan mengelola Perpustakaan PATABA berdasarkan panggilan jiwa untuk melakukan pekerjaan sosial. Oleh karena itu, Soesilo Toer merupakan orang-orang yang memiliki profesionalisme kepustakawan, yaitu orang-orang yang memiliki kemampuan, tanggung jawab, untuk mengabdi kepada bangsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Ro’fah, BSA., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perpustakaan, Minat Baca, Peran Tokoh Masyarakat
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Aug 2014 12:24
Last Modified: 08 Mar 2024 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum