PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (STUDI KASUS DI TK PEMBINA KECAMATAN SANDEN)

SITI NURHAYATI, S.Pd. AUD , NIM. 1220430007 (2014) PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (STUDI KASUS DI TK PEMBINA KECAMATAN SANDEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (STUDI KASUS DI TK PEMBINA KECAMATAN SANDEN))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA (STUDI KASUS DI TK PEMBINA KECAMATAN SANDEN))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi adanya kegelisahan dari segenap bangsa Indonesia mengingat bahwa kondisi bangsa Indonesia masih jauh dari yang dicita-citakan. Hal ini terlihat dari perilaku dan tindakan yang kurang bahkan tidak berkarakter. Fenomena merosotnya karakter anak bangsa di tanah air khususnya, disebabkan lemahnya pendidikan karakter dalam meneruskan nilainilai luhur bangsa Indonesia. Di samping itu juga, masih lemahnya penerapan nilai-nilai berkarakter di lembaga-lembaga pemerintahan dan kemasyarakatan serta makin berkembangnya era globalisasi yang mengikis kaidah-kaidah moral budaya bangsa. Berangkat dari masalah tersebut, sebagai langkah antisipasif yang perlu dilakukan agar kondisi ini tidak berlarut semakin parah adalah dengan memberikan proses pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui metode bercerita. Ini merupakan salah satu langkah strategis mengingat usia awal perkembangan anak merupakan masa golden age. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di TK Pembina Kecamatan Sanden. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara umum mengenai penerapan metode bercerita di TK Pembina Kecamatan Sanden serta menyajikan dan menguraikan implikasi dari penerapan metode tersebut dalam pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini di TK Pembina Kecamatan Sanden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang diarahkan pada field research. Jenis data yang digunakan adalah data-data yang diperoleh bersumber dari observasi, pengumpulan data di lapangan, interview, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan metode bercerita di TK Pembina Kecamatan Sanden dilakukan dengan beberapa tahap, yakni tahap perencanaan, tahap penerapan dan tahap evaluasi. Ketiga tahap tersebut untuk mengetahui sejauh mana metode bercerita ini dapat mempengaruhi karakter pada anak. Pada tahap pelaksanaan metode bercerita, guru biasanya menggunakan alatalat peraga, ilustrasi gambar serta menerapkan metode dramatisasi dalam menyampaikan cerita. Implikasi dari penerapan metode bercerita di TK Pembina Kecamatan Sanden telah mempengaruhi karakter anak dalam kehidupan sehari-hari. Karakter tersebut adalah cinta kepada Allah, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Karakter-karakter tersebut telah mereka tunjukkan baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pendidikan karakter, anak usia dini, metode bercerita.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru RA - PAUD
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Aug 2014 12:46
Last Modified: 13 Apr 2015 16:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum