UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MTsWI) KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN

KHABIB BURROHMAN - NIM. 03410079, (2008) UPAYA PEMBINAAN AKHLAK SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (MTsWI) KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis upaya pembinaan terhadap akhlak siswa yang dilaksanakan di MTsWI Karangduwur Petanahan Kebumen. Deskripsi data meliputi pelaksanaan pembinaan akhlak siswa, faktor pendukung dan penghambat, dan hasil yang dicapai dalam pelaksanaan pembinaan akhlak siswa di MTsWI Karangduwur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di MTsWI Karangduwur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi parsitipatoris, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode induktif, yaitu data-data yang diperoleh di analisis dan kemudian diambil suatu kesimpulan yang bersifat umum. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi dengan metode ganda dan sumber ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Upaya pembinaan akhlak siswa di MTsWI Karangduwur dilakukan dengan dua cara, yaitu secara kurikuler dan ekstrakulikuler. Pembinaan akhlak secara kurikuler dilakukan dengan cara menanamkan nilai-nilai Islam ke dalam diri siswa melalui berbagai mata pelajaran agama. Proses yang berlangsuung yaitu guru menyampaikan materi, menjelaskan, serta memberikan contoh, sedangkan siswa mencerna apa yang disampaikan oleh guru. Sedangkan cara ekstrakulikuler yaitu melalui berbagai kegiatan lain yang mempunyai orientasi sama. Proses pembinaan akhlak secara ekstrakurikuler yaitu pemberian nasihat-nasihat untuk memperkuat keimanan, ketakwaan, dan perbaikan pada suatu perilaku tertentu agar sesuai dengan norma yang berlaku. 2. Faktor-faktor yang menjadi pendukung upaya pembinaan akhlak siswa di MTsWI Karangduwur Petanahan Kebumen yaitu adanya keinginan atau tekad kuat yang dimiliki oleh tiap-tiap elemen madrasah untuk menegakkan sendi-sendi akhlak islam. Adapun faktor yang menjadi penghambatnya sebagian besar adalah faktor internal pihak madrasah itu sendiri, sedangkan faktor dari luar tidak begitu tampak. Faktor internal madrasah yang dimaksud adalah menejemen madrasah dalam membina akhlak siswa. 3. Hasil yang dicapai dalam upaya pembinaan akhlak siswa di MTsWI Karangduwur Petanahan Kebumen menunjukkan cukup tingginya kesadaran siswa terhadap sendi-sendi akhlak, akan tetapi kesadaran ini kurang diwujudkan dalam tindakan nyata. Penyebabnya adalah pelaksanaan pembinaan akhlak siswa masih sebatas pemberian pengetahuan dan kesadaran pada siswa tentang nilainilai Islam yang mulia. Sehingga akibatnya proses yang terjadi lebih terfokus pada aspek kognitif dan afektif atau baru sekedar pembentukan pengertian dan kerohaniaan, sedangkan aspek psikomotor melalui pembiasaan kurang tersentuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: b Pembimbing : /b Prof. Drs. HMS. Prodjodikoro.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Akhlak
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item