UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS JAWA TENGAH (Studi Kasus Guru Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Tahun Ajaran 2007-2008)

KHOFIFATUL KHASANAH - NIM. 04471193, (2008) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCIPTAKAN IKLIM BELAJAR YANG KONDUSIF DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS JAWA TENGAH (Studi Kasus Guru Pendidikan Agama Islam Kelas 5 Tahun Ajaran 2007-2008). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khofifatul Khasanah. Perkembangan dunia global semakin pesat baik dibidang politik, ekonomi, sosial, budaya, serta pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat mempengaruhi perkembangan serta majunya suatu negara. Dibandingkan dengan negar-negara lain, Negara Indonesia termasuk negara yang paling rendah mutu serta kualitas pendidikan. Dalam hal ini pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan serta memberlakukan kurikulum baru yaitu KTSP, dimana guru sangat dituntut untuk kreatif sehingga proses pembelajaran tidak baku dan tidak monoton. Salah satu problematika dibidang pendidikan yang sangat mendasar adalah berada pada guru itu sendiri, dimana banyak sekolah-sekolah yang memiliki guru dalam mengajarnya masih menggunakan model lama seperti ceramah, sehingga peserta didik merasa bosan dan banyak materi-materi yang telah disampaikan tidak dapat ditangkap oleh peserta didik. Penelitian skripsi berjudul Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menciptakan Iklim Belajar Yang Kondusif di MA Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas Jawa Tengah (Studi kasus guru pendidikan agama Islam kelas 5 tahun ajaran 2007-2008) ini betujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menganalisis tentang upaya guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif, (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat terhadap kreativitas yang diupayakan guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif di MA Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MA Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi serta angket sebagai pendukung dalam menganalisis data serta mendukung terhadap kevalidan data karena penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis yang menggunakan pola pikir ilmiah yaitu gabungan antara pola pikir deduktif dan pola pikir induktif yang kemudian diperkuat dengan hasil angket yang diperoleh. Dari penelitian ini diperoleh serta diketahui tentang upaya-upaya guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan iklim (situasi) belajar yang kondusif yaitu dengan berinteraksi yang bermanfaat diantara peserta didik dalam proses pembelajaran, memperjelas pengalaman-pengalaman dalam menyampaikan materi, menumbuhkan semangat belajar bagi siswa, menjaga kondisi dan situasi belajar sebaik mungkin, serta menjaga kedisiplinan dan tata tertib disekolah. Faktor-faktor yang mendukung kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif yaitu minat siswa terhadap bidang studi yang disampaikan, latar belakang pendidikan guru pendidikan agama Islamserta sarana dan prasarana. Faktor-faktor yang menghambat kreativitas guru pendidikan agama Islam dalam menciptakan iklim belajar yang kondusif yaitu motode yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam proses pembelajaran, guru lebih mengutamakan terhadap tercapainya materi dari pada pemahaman siswa, serta fasilitas pengajaran yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: b Pembimbing : /b Dra. Nurrohmah.
Uncontrolled Keywords: PAI, Belajar.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1389

Actions (login required)

View Item View Item