PENGARUH TRADISI ZIARAH TERHADAP DINAMIKA EKONOMI MASYARAKAT KOTAGEDE (STUDI KASUS DI KOMPLEK PEMAKAMAN RAJA - RAJA MATARAM)

HARUM WIJAYANTI SUTARYO , NIM. 10540076 (2014) PENGARUH TRADISI ZIARAH TERHADAP DINAMIKA EKONOMI MASYARAKAT KOTAGEDE (STUDI KASUS DI KOMPLEK PEMAKAMAN RAJA - RAJA MATARAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENGARUH TRADISI ZIARAH TERHADAP DINAMIKA EKONOMI MASYARAKAT KOTAGEDE (STUDI KASUS DI KOMPLEK PEMAKAMAN RAJA - RAJA MATARAM) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text ( PENGARUH TRADISI ZIARAH TERHADAP DINAMIKA EKONOMI MASYARAKAT KOTAGEDE (STUDI KASUS DI KOMPLEK PEMAKAMAN RAJA - RAJA MATARAM) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)

Abstract

Tradisi ziarah di makam Mataram Kotagede merupakan salah satu jenis budaya tradisional yang bersifat agama kejawen dan kental dengan hal ghaib. Hal ini dikarenakan di dalam tradisi ziarah di makam Mataram ini terdapat kepercayaan-kepercayaan tentang hal yang bersifat ghaib yang diperoleh turun temurun dari cerita di zaman raja-raja Mataram terdahulu. Kepercayaan yang berkembang di masyarakat bermacam-macam. Cerita yang berkembang dan kepercayaan peziarah ini menurut penulis memiliki ciri tertentu yang mempengaruhi pola pikir masyarakat. Peziarah yang datang berkunjung dengan motivasi-motivasi tertentu, kemudian memberikan pengaruh terhadap masyarakat sekitar makam Mataram dalam kegiatan ekonomi. Berangkat dari itulah penulis dengan menggunakan metode observasi dan wawancara ingin mengetahui lebih dalam tentang pengaruh tradisi ziarah di makam Mataram terhadap dinamika ekonomi masyarakat sekitar makam Mataram. Seperti yang dikemukakan Max Weber bahwa tindakan sosial ada karena stimulasi yaitu lahir dari proses berfikir yang menghasilkan sebuah respon atau tindakan sosial, seperti yang penulis lihat dari tindakan peziarah dan masyarakat sekitar makam Mataram. Penulis menemukan bahwa analisis dari pemikiran Max Weber tersebut berhubungan dengan kepercayaan masyarakat akan cerita ghaib dari zaman dulu, yang menstimulus untuk melakukan tradisi ziarah, tidak hanya itu kemudian kedatangan peziarah di makam Mataram memberikan stimulus bagi masyarakat setempat dalam merespon atau merasionalisasikan keberadaan peziarah dengan kegiatan yang menguntungkan yaitu berdagang menyediakan kebutuhan peziarah. Pengaruh tradisi ziarah mendatangkan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Masroer, S.Ag, M.Si
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Sep 2014 09:26
Last Modified: 21 May 2015 14:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum