MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM TINGGAL DI P.P NURUL UMMAH PUTRI DAN P.P AL-MUNAWWIR KRAPYAK DI TENGAH MODERNISASI KOTA

FITRI APRIANI , NIM. 10540031 (2014) MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM TINGGAL DI P.P NURUL UMMAH PUTRI DAN P.P AL-MUNAWWIR KRAPYAK DI TENGAH MODERNISASI KOTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM TINGGAL DI P.P NURUL UMMAH PUTRI DAN P.P AL-MUNAWWIR KRAPYAK DI TENGAH MODERNISASI KOTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM TINGGAL DI P.P NURUL UMMAH PUTRI DAN P.P AL-MUNAWWIR KRAPYAK DI TENGAH MODERNISASI KOTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (312kB)

Abstract

Saat ini pesantren masih menjadi tolak ukur bagi masyarakat luas, khususnya dalam pembinaan moral dan ilmu agama. Maraknya isu pergaulan bebas di tengah modernisasi kota, membuat beberapa mahasiswa yang lebih memilih pondok pesantren sebagai tempat tinggal mereka selama menempuh pendidikan di kota Yogyakarta, salah satunya adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. PP. Nurul Ummah Putri dan PP. Al-Munawwir Krapyak adalah dua dari beberapa pondok pesantren yang ada di Yogyakarta yang cukup diminati oleh mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam. Dari beberapa mahasiswa yang memilih pesantren sebagai tempat tinggal mereka sudah tentu memiliki alasan atau motif yang berbeda-beda antara mahasiswa satu dengan mahasiswa yang lainnya, apalagi keberadaan mereka di tengah modernisasi kota. Dari sinilah kemudian penulis ingin mengetahui motif dari mahasiswa memilih tinggal di Pondok Pesantren di tengah modernisasi kota Yogyakarta, serta untuk mengetahui apakah motif tersebut berkaitan dengan strategi dalam menghadapi dampak modernisasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Adapun pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi. Fokus penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSPI) yang tinggal di pondok Pesantren Nurul Ummah Putri dan Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak, sebagai data primer. Data sekunder didapat dari arsip/dokumen PKSI terkait data diri mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (FUSPI) dan kedua Pondok tersebut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi pertemuan antara motif biogenetis, sosiogenetis, teogenetis, maupun dengan tujuan dari orang tua mahasiswa serta dari pesantren itu sendiri, yang semuanya saling berkaitan satu sama lain sesuai dengan motif mahasiswa. Pesantren menjadi pilihan mahasiswa sebagai tempat pertahanan diri atau strategi dalam menghadapi dampak modernisasi kota, namun juga menjadi tempat untuk pengembangan diri bagi mahasiswa itu sendiri di tengah modernisasi kota sesuai dengan amanah orang tua. Sedangkan bentuk strategi yang ditawarkan oleh pesantren yaitu sesuai dengan konsep pesantren itu sendiri yaitu Al muhafadoh ‘Alal Qodimus Shalih Wal Akhdu Bil Jadidil Aslah, untuk membentuk pribadi muslim yang modern yang berakhlakul karimah sesuai dengan sifat Nabi Saw, melalui pendidikan dan pembelajaran serta segala bentuk aturan yang diterapkan oleh Kyai di dalam Pesantren tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Nafilah Abdullah, M.Ag
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Sep 2014 02:02
Last Modified: 21 May 2015 07:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item