MISS WORLD DALAM MEDIA DI INDONESIA (ANALISIS WACANA BERPERSPEKTIF GENDER DI KORAN SINDO DAN REPUBLIKA)

FARIDA HILMI, NIM. 10540030 (2014) MISS WORLD DALAM MEDIA DI INDONESIA (ANALISIS WACANA BERPERSPEKTIF GENDER DI KORAN SINDO DAN REPUBLIKA). Skripsi thesis, UIN SUNANKALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MISS WORLD DALAM MEDIA DI INDONESIA (ANALISIS WACANA BERPERSPEKTIF GENDER DI KORAN SINDO DAN REPUBLIKA))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (MISS WORLD DALAM MEDIA DI INDONESIA (ANALISIS WACANA BERPERSPEKTIF GENDER DI KORAN SINDO DAN REPUBLIKA))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)

Abstract

Media sebagai produk budaya populer cenderung menempatkan perempuan pada posisi termarginalkan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat makna yang tersirat di balik teks pemberitaan media khusunya mengenai bagaimana media memposisikan perempuan dalam produk pemberitaannya. Wacana yang dijadikan sebagai bahan analisis dalam penelitian ini yaitu mengenai penggambaran Kontes Kecantikan Miss World 2013 dalam Koran Sindo dan Republika serta bentuk konstruksi dan ketidakadilan gender dalam kontes tersebut. Media yang dijadikan sebagai subjek dalam penelitian ini adalah Koran Sindo dan Republika karena kedua media tersebut dilatarbelakangi oleh ideologi agama dan kepentingan yang berbeda. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsikan adanya ideologi kapitalisme yang dianut oleh tiap-tiap media dan menjadikan dalil-dalil dan simbol-simbol agama sebagai alat untuk menarik perhatian khalayak dan melegitimasi kebenaran pemberitaanya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Analisis Wacana model Sara Mills yang memfokuskan analisisnya pada perspektif gender dan posisi perempuan dalam media. Sumber data yang dianalisis dalam penelitian ini yakni semua materi pembertiaan yang dilakukan Koran Sindo dan Republika mengenai Miss World 2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan berita, opini, gambar atau foto, maupun literatur yang relevan dan berhubungan dengan penelitian dan dianalisis menggunakan prosedur analisis Sara Mills. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa dalam melakukan pemberitaan mengenai Miss World 2013 cenderung tidak netral dan memihak kepada kelompok yang menguntungkannya. Ideologi agama dan kapitalisme yang di anut media turut mempengaruhi produk pemberitannya dengan tujuan dapat mengontrol dan mempengaruhi masyarakat sesuai dengan yang ia inginkan. Selain itu, ditemukan adanya konstruksi gender yang dilakukan Koran Sindo dan Republika berupa kecenderungan penempatan perempuan pada posisi objek pemberitaan, dan selalu menjadi makhluk nomor dua setelah laki-laki. Adapun bentuk-bentuk ketidakadilan gender perempuan pada Koran Sindo dan Republika antara lain: marginalisasi perempuan, diskriminasi, streotipe, kekerasan seksual, dan beban kerja ganda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Adib Sofia, S.S., M.Hum
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 12 Sep 2014 08:56
Last Modified: 21 May 2015 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13944

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum