MODEL PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING

LINZIYATUL MAULA, NIM. 03420245 (2008) MODEL PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENGAJARAN BAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat suatu alternatif dalam pengajaran bahasa Arab untuk madrasah aliyah, dimana selama ini bahasa Arab masih tergolong pelajaran yang sulit dibanding dengan pelajaran bahasa asing lainnya. Hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi kontribusi berarti bagi pengajaran bahasa Arab ke depan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif bahwa Quantum Teaching dapat membuat pengajaran menjadi bergairah dengan model dan kerangka rancangan yang dikenal dengan tandur, hasil penelitian tersebut adalah: (1) Model pengajaran Quantum Teaching: a. model pengajaran dari sudut konteks, menyangkut suasana, landasan, lingkungan, dan rancangan pengajaran yang dinamis (tandur). b. model pengajaran dari sudut konteks (isi), menyangkut pada presentasi prima, fasilitas yang bagus/elegan, ketrampilan belajar, dan ketrampilan hidup. (2) Rancangan pengajarannya menyangkut pada tandur yang dihubungkan dengan tujuan, materi yang dipresentasikan, model dan strategi yang digunakan, mempraktekkan apa yang didapat siswa, mengulang untuk mengevaluasi. (3) Aplikasi model Quantum Teaching dalam pengajaran bahasa Arab dengan model the look, listen, and doing, model chunking, menggunakan strategi SLANT dan keadaan ALFA, dengan model dan aplikasi yang diterapkan Quantum Teaching terhadap pengajaran bahasa Arab dapat menjadi suatu pertimbangan, karena suasana yang nyaman tanpa ada ancaman, mempunyai lingkungan belajar yang mendukung dan disesuaikan dengan kurikulum pengajaran bahasa Arab maka persepsi siswa terhadap bahasa Arab dapat sedikit dihindari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengajaran Bahasa Arab, Quantum Teaching
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 30 Sep 2015 06:55
Last Modified: 30 Sep 2015 07:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1396

Actions (login required)

View Item View Item