KONSTRUKSI IDENTITAS KOLEKTIF PEREMPUAN GERAKAN SALAFI (STUDI DI MASJID IBNU SINA FAKULTAS KEDOKTERAN UGM YOGYAKARTA)

ANASSHOFFA’ UL JANNAH , NIM. 10540042 (2014) KONSTRUKSI IDENTITAS KOLEKTIF PEREMPUAN GERAKAN SALAFI (STUDI DI MASJID IBNU SINA FAKULTAS KEDOKTERAN UGM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( KONSTRUKSI IDENTITAS KOLEKTIF PEREMPUAN GERAKAN SALAFI (STUDI DI MASJID IBNU SINA FAKULTAS KEDOKTERAN UGM YOGYAKARTA) )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( KONSTRUKSI IDENTITAS KOLEKTIF PEREMPUAN GERAKAN SALAFI (STUDI DI MASJID IBNU SINA FAKULTAS KEDOKTERAN UGM YOGYAKARTA) )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Fakta sosial mengenai praktik penerapan syari’at sebagaimana yang ada di Negara Arab dapat dilihat dalam Perempuan Gerakan Salafi Masjid Ibnu Sina Fakultas Kedokteran (FK) UGM Yogyakarta. Mereka mempraktikan ajaran yang ada dalam al-Qur’an dan al-Hadits atau yang mereka sebut ajaran yang syar’i dalam segala lini kehidupan, mulai dari penerapan ‘aqidah tauhid hingga jilbab yang dikenakan perempuan Arab. Pemahaman ini dibentuk melalui proses kajian, diskusi dan pendekatan personal pada anggota kajian. Melalui penjelasan-penjelasan ideologis dalam Gerakan Salafi, kesadaran mengenai pentingnya menegakkan ‘aqidah tauhid dan cara berpakaian syar’i menurut pandangan mereka diterima perempuan anggota Gerakan Salafi sebagai satu-satunya kebenaran. Penelitian ini mengkaji proses konstruksi cara berpakaian syar’i dan pemahaman ‘aqidah tauhid serta bentuk identitas kolektif perempuan Gerakan Salafi masjid Ibnu Sina FK UGM Yogyakarta. Alasan penulis mengkaji masjid Ibnu Sina FK UGM Yogyakarta adalah karena keberadaan masjid Ibnu Sina di FK yang tidak berbasis agama, tetapi pada kenyataannya ajaran Gerakan Salafi mampu tumbuh dan berkembang di dalamnya hingga menjadi ideologi pengurus masjid. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi dan wawancara. Sumber data primernya adalah pengurus takmirah dan anggota kajian Gerakan Salafi masjid Ibnu Sina FK UGM Yogyakarta. Sumber data sekundernya antara lain buku, majalah, jurnal dan sebagainya yang terkait dengan proses konstruksi ‘aqidah tauhid dan cara berpakaian syar’i yang dikaji lebih mendalam melalui teori konstruksi sosial Peter L Berger. Adapun untuk melihat bentuk identitas kolektif perempuan Gerakan Salafi masjid Ibnu Sina FK UGM Yogyakarta dibahas menggunakan kaca mata teori Emile Durkheim. Dari penelitian ini ditemukan bahwa proses konstruksi pemahaman ‘aqidah tauhid dan cara berpakain syar’i menurut Gerakan Salafi terjadi melalui dua cara yaitu cara umum dengan mengadakan kajian, seminar dan diskusi serta cara yang khusus yakni dengan melakukan pendekatan secara personal. Pemahaman ini dilegitimasi dengan dalil-dalil dari al-Qur’an dan al-Hadits serta penjelasan yang dianggap logis. Sedangkan identitas kolektif dari perempuan Gerakan Salafi masjid Ibnu Sina FK UGM Yogyakarta, dapat dilihat dari: Pertama, ‘aqidah tauhid dan bahasa sebagai nilai identitas kolektif. Kedua, pakaian dan eksklusifitas sebagai praktik dari identitas kolektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Inayah Rohmaniyah, S. Ag., M. Hum., MA.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 16 Sep 2014 01:42
Last Modified: 21 May 2015 07:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13963

Actions (login required)

View Item View Item