PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N WONOKROMO PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013

YUYUN EVA MAULIN , NIM. 09420180 (2014) PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N WONOKROMO PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N WONOKROMO PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGGUNAAN LABORATORIUM BAHASA TERHADAP KEMAHIRAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N WONOKROMO PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2012/2013)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Yuyun Eva Maulin. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Bahasa Terhadap Kemahiran Menyimak Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs N Wonokromo Pleret Bantul Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan pendidikan bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan penggunaan laboratorium bahasa terhadap kemahiran menyimak Bahasa Arab kelompok eksperimen (yang menggunakan laboratorium bahasa) dengan kelompok kontrol (yang tidak menggunakan laboratorium bahasa) kelas VII MTsN Wonokromo Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen (Experimental Research), yaitu suatu cara untuk mencari hubungan sebab akibat (hubungan kausal) antara dua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti dengan mengeliminasi atau mengurangi atau menyisihkan faktor-faktor lain yang mengganggu. Untuk teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Adapun siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa, yang terdiri dari kelas C yang dijadikan sebagai kelas kontrol dengan jumlah 32 siswa dan kelas D yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis komparatif dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan menyimak antara kelompok eksperimen (yang menggunakan laboratorium bahasa) dengan kelompok kontrol (yang tidak menggunakan laboratorium bahasa). Hal ini ditunjukkan dari perolehan nilai rata-rata untuk kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 21,13, dari skor awal sebesar 64,8387 meningkat menjadi 85,9677. Sedangkan untuk kelompok kontrol terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 10,78, dari skor awal sebesar 66,25 meningkat menjadi 77,03. Dengan melihat perbedaan skor dari masing-masing kelompok tersebut, menunjukkan bahwa media laboratorium bahasa merupakan salah satu media yang efektif untuk pembelajaran menyimak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sigit Purnama, M.Pd
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Sep 2014 09:19
Last Modified: 26 Jul 2017 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum