LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA

SHOFIA ISNAWATI, NIM. 12220064 (2016) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
12220064_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI SISWA KELAS VIII MTS WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
12220064_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya fenomena yang terjadi pada siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta mengindikasikan gejala kecerdasan emosi rendah, hal itu ditunjukkan dengan adanya siswa yang mudah marah, sering melanggar tata tertib, agresif, dan menarik diri dari pergaulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan langkahlangkah pelaksanaan bimbingan kelompok guru BK dalam mengembangkan kecerdasan emosi siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta. Peneltian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilakukan yang dilakukan langsung terhadap obyek yang diteliti untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan, dengan metode observasi, dokumentasi, ddan wawancara. Subyek penelitian guru BK, siswa kelas VIII yang mengikuti bimbingan kelompok. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan kelompok yang dilaksanakan oleh guru bimbingan konseling dalam upaya mengembangkan kecerdasan emosi siswa kelas VIII MTs Wahid Hasyim Yogyakarta dilakukan dengan dua bentuk yaitu 1) pelajaran bimbingan yang memberikan informasi dan pemahaman pada bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir dengan materi seputar kecerdasan emosi. 2) diskusi kelompok yang membuat siswa dapat beriteraksi, bertukar pikiran tentang materi atau tema diskusi, dan adanya alternatif pemecahan masalah. Sehingga dengan pelajaran bimbingan dan diskusi kelompok dapat mengembangkan kecerdasan emosi. Tahap-tahapp pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yaitu Langkah awal, perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan yang terdiri dari tahap pembentukan, peralihan, kegiatan, dan pengakhiran dilanjutkan dengan evaluasi, dan analisis tindak lanjut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida, S.Ag. MA.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Kelompok, Kecerdasan Emosi.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 11:03
Last Modified: 28 Apr 2016 11:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13973

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum