UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V MI YAPPI GEDAD 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL

AFIF ABROR MUKHLAS , NIM. 13485249 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V MI YAPPI GEDAD 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V MI YAPPI GEDAD 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE MIND MAP PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V MI YAPPI GEDAD 2 PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (480kB)

Abstract

Afif Abror Mukhlas, Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan MetodeMind Map pada Materi Bangun Ruang Kelas V MI YAPPI Gedad 2 Playen Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini adalah berangkat dari kegelisahan peneliti terhadap pembelajaran matematika yang berlangsung kurang kondusif, minat belajar yang rendah serta hasil belajar matematika yang rendah serta metode yang digunakan guru yang kurang bervariasi. Untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menggunakan metode yang dapat menumbuhkan antusias dan perasaan suka, serta menuntut siswa untuk kreatif, aktif dan partisipasif dalam pembelajaran, yaitu salah satunya adalah dengan menggunakan Metode Mind Map. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V MI YAPPI Gedad 2 yang berjumlah 13 orang. Pembelajaran matematika materi bangun ruang dengan menggunakan metode Mind Map dilaksanakan sebagaimana proses pembelajaran disetiap siklusnya. Pengumpulan data untuk mengetahui proses dan situasi pada saat pembelajaran berlangsung menggunakan lembar observasi, untuk mengetahui minat belajar siswa menggunakan lembar angket minat belajar siswa dan untuk mengetahui gambaran umum madarasah dengan menggunakan dokumentasi dan wawancara serta untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan lembar tes hasil belajar. Sedangkan analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Analisis data minat dan hasil belajar dilakukan dalam beberapa langkah yaitu, pengumpulan data, penskoran/penilaian, skor/ nilai rata-rata kelas, persentase dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran dengan menggunakan metode Mind map dilaksanakan dengan menyenangkan, dan difokuskan terhadap kreatifitas siswa. siswa bebas menuangkan ide dari pikiran mereka kedalam gambar-gambar yang menarik dan mudah diingat. (2) Metode Mind Map dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V materi bangun ruang dengan persentase peningkatan dari rata-rata skor pra dan setelah penelitian sebesar 35,26%. (3) Metode Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V materi bangun ruang dengan persentase peningkatan dari nilai rata-rata kelas pra dan setelah penelitian sebesar 32,01%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Hj. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode Mind Map, Minat belajar dan Hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Sep 2014 01:42
Last Modified: 31 Jan 2017 04:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item