PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL

AGUNG NUGROHO, NIM. 13485279 (2014) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF SEDERHANA DI KELAS III MI MUHAMMADIYAH NGASEM PLEMBUTAN PLAYEN GUNUNGKIDUL)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (248kB)

Abstract

Agung Nugroho. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Sederhana Di Kelas III MI Muhammadiyah Ngasem Plembutan Playen Gunungkidul. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya menulis paragraf sederhana yang selama ini belum sesuai harapan masih terdapat peserta didik yang tidak menghiraukan pembelajaran khususnya Bahasa Indonesia dari kondisi ini terlihat bahwa kemampuan peserta didik masih sangat kurang untuk itulah kemudian dicari penyebabnya dan berikut solusinya. Untuk itulah digunakan media gambar untuk pembelajaran bahasa Indonesia tentang menulis paragraf sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa proses pembelajaran Bahasa Indonesia yang berlangsung. Penelitian ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis paragraf sederhana Bahasa Indonesia di Kelas III MI Muhammadiyah Ngasem. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar kelas III MI Muhammadiyah Ngasem. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : Proses pembelajaran di MI Muhammadiyah Ngasem yang pada awalnya terasa menjemukan mulai dapat diatasi dengan penggunaan media gambar karena dengan penggunaan media gambar pemahaman siswa terhadap pembuatan paragraf sederhana dalam pembelajaran Bahasa Indonesia mulai meningkat . Terbukti dengan adanya ketertarikan dari media gambar perubahan kemampuan siswa dalam membuat paragraf sederhana di kelas III dapat meningkat dapat dilihat dari nilai siklus I dan II yaitu : Pada pra siklus Nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 65,91 sedangkan Siklus 1 sebesar 7 1,08 dan Siklus 2 sebesar 76.16

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Zainal Arifin Ahmad, S.Ag.M.Ag
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Sep 2014 01:44
Last Modified: 31 Jan 2017 04:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13976

Actions (login required)

View Item View Item