UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDA’IYAH YAPPI PAYAK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AKHADA NUR FAUZIA, NIM. 13485260 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDA’IYAH YAPPI PAYAK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDA’IYAH YAPPI PAYAK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDA’IYAH YAPPI PAYAK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (601kB)

Abstract

Akhada Nur Fauzia, UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II MI YAPPI PAYAK GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. 2014. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui : Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa anak usia Sekolah Dasar berada dalam tahap berfikir konkrit, proses berfikirnya belum dapat dipisahkan dari hal-hal yang dapat diamati. Proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari peran media didalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar terhadap kemampuan membaca pada siswa kelas II MI YAPPI PAYAK. Media gambar dapat mengatasi kesulitan belajar membaca di kelas II MI YAPPI Payak, Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas II MI, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah media gambar. Bentuk penelitian ini adalah tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data variabel mengatasi kesulitan belajar membaca siswa kelas II MI melalui observasi dan tes membaca. Teknik analisa data digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa tindakan kelas pada siklus I menunjukkan adanya hasil belajar membaca permulaan siswa nilai rata-ratanya 72 dengan persentase siswa memperoleh nilai di atas KKM (skor >70) 80 %. Namun untuk kategori sangat lancar (skor >76) baru 20%. Sedangkan untuk siklus II menunjukkan adanya hasil belajar membaca permulaan siswa nilai rata-ratanya 80,8 dengan persentase siswa memperoleh nilai di atas KKM 80 %. Dengan siswa yang masuk dalam kategori sangat lancar (skor >76) mengalami peningkatan sudah mencapai 4 siswa dengan persentase 80%. Dengan demikian, dapat diajukan suatu rekomendasi bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada materi membaca, dapat mengatasi kesuliltan belajar membaca di kelas II MI YAPPI Payak, Sumbergiri, Ponjong, Gunungkidul, Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan membaca, media gambar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Sep 2014 01:49
Last Modified: 14 Feb 2017 08:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13978

Actions (login required)

View Item View Item