POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT EKS PENDERITA KUSTA PERKAMPUNGAN REHABILITASI KUSTA DONOROJO DENGAN MASYARAKAT PADUKUHAN JUWET, DESA BANYUMANIS, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN JEPARA

HENI PURWANINGSIH, NIM. 09540011 (2013) POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT EKS PENDERITA KUSTA PERKAMPUNGAN REHABILITASI KUSTA DONOROJO DENGAN MASYARAKAT PADUKUHAN JUWET, DESA BANYUMANIS, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT EKS PENDERITA KUSTA PERKAMPUNGAN REHABILITASI KUSTA DONOROJO DENGAN MASYARAKAT PADUKUHAN JUWET, DESA BANYUMANIS, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN JEPARA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (743kB) | Preview
[img] Text (POLA INTERAKSI SOSIAL ANTARA MASYARAKAT EKS PENDERITA KUSTA PERKAMPUNGAN REHABILITASI KUSTA DONOROJO DENGAN MASYARAKAT PADUKUHAN JUWET, DESA BANYUMANIS, KECAMATAN DONOROJO, KABUPATEN JEPARA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)

Abstract

Kusta adalah penyakit menular yang disebabkan oleh mycrobacterium leprae yang menyerang kulit saraf tepi dan jaringan tubuh yang lain kecuali saraf pusat. Penyakit kusta tidak hanya memberikan dampak pada eks penderita kusta namun juga pada keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekitar tempat tinggal eks penderita kusta, dampak yang terjadi pada eks penderita kusta bisa berupa stigma negatif atau diskriminasi dalam pergaulan sosial masyarakat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola interaksi sosial yang terjadi antara masyarakat eks penderita kusta dengan masyarakat sekitar lingkungan eks kusta terutama di warga Dukuh Juwet kecamatan Donorojo Desa Banyumanis Kabupaten Jepara, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari internet berupa rekaman audio visual, tulisan, beberapa informan, tempat dan peristiwa serta dokumen. Penulis memilih informan kunci (key informan) yang meliputi ketua Dukuh Juwet beserta istri, sekertaris Desa Banyumanis dan beberapa staf desa, staf RS kusta, beberapa orang warga Juwet, ketua Kelompok Tani Klakah Makmur, pemuka agama Islam, beberapa eks penderita kusta, dan beberapa pemuka dari eks penderita kusta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model deskriptif analisis yaitu penulis akan mendeskripsikan secara obyektif data yang telah dikumpulkan dan melakukan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi sosial yang terbentuk paling menonjol adalah akomodasi melalui kerjasama yang diwujudkan antar eks penderita kusta dan masyarakat Banyumanis dalam bidang pengolahan tanah pertanian dan terakhir adalah adanya simbol khas dalam interaksi sosial antara eks penderita kusta dan masyarakat Juwet mempengaruhi adanya pola interaksi berupa kerjasama lingkungan eks penderita kusta, seperti mau memakan hidangan, mau berjabat tangan tanpa menggunakan sarung tangan, berkomunikasi dengan tidak mencela fisik eks penderita kusta, berkomunikasi dengan tidak menggunakan masker wajah oleh karena itu tanggapan eks penderita kusta menjadi antusias terhadap kedatangan individu tersebut. Melalui simbol pula eks penderita kusta ingin mengungkapkan bahwa orang yang mau beradaptasi dengan eks penderita kusta berarti orang yang mau berbaur tanpa melihat perbedaan asal mereka yaitu berasal dari eks penderita kusta atau masyarakat biasa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurus Sa’adah, S.Psi, M.Si, Psi
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Sep 2014 13:11
Last Modified: 21 May 2015 11:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum