UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS I MI AN NUR DEYANGAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BIRRUL MAZIDAH, NIM. 12485123 (2014) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS I MI AN NUR DEYANGAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS I MI AN NUR DEYANGAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS I MI AN NUR DEYANGAN MERTOYUDAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)

Abstract

BIRRUL MAZIDAH. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika dengan Metode Drill pada Siswa Kelas I MI An Nur Deyangan Mertoyudan Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai matematika kelas I MI An Nur Deyangan Mertoyudan Magelang masih rendah, belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar 60. Masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM atau kurang dari 60. Dari pengamatan peneliti ketika pembelajaran matematika berlangsung, masih ada beberapa siswa yang berbicara sendiri dan kurang memperhatikan. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan lebih banyak ceramah dan memberi contoh, sehingga siswa tidak diberi banyak kesempatan untuk berlatih. Untuk mengatasi masalah tersebut maka proses pembelajaran menggunakan metode drill, karena dengan metode drill siswa akan terbiasa berhitung sehingga siswa akan terampil dalam berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas I MI An Nur Deyangan dan untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar matematika dengan menggunakan metode drill. Penelitian dilakukan di MI An Nur Deyangan Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang dan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas I sejumlah 19 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, dan masingmasing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil rata-rata evaluasi pra siklus sebesar 41,05, pada siklus I sebesar 54,47 dan pada siklus II sebesar 71,05 atau meningkat sebesar 30 poin. Sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I = 57,89% dan siklus II = 89,47%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika meningkat setelah pembelajaran menggunakan metode drill dan mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Prestasi Belajar Matematika, Metode Drill.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Sep 2014 07:56
Last Modified: 14 Feb 2017 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13981

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum