PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MI MA’ARIF TANJUNGSARI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SKRIPSI

ANIK RIFATUN , NIM. 12485118 (2014) PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MI MA’ARIF TANJUNGSARI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ( PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MI MA’ARIF TANJUNGSARI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SKRIPSI )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DALAM PEMBELAJARAN FIQIH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II MI MA’ARIF TANJUNGSARI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 SKRIPSI )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (797kB)

Abstract

Anik Rifatun, “Penerapan Metode Cooperative Script dalam Pembelaaran Fiqih untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas II MI Ma’arif Tanjungsari Borobudur Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/ 2014”. Skripsi, Yogyakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Sejumlah faktor yang diduga sebagai faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih antara lain Penggunaan media pembelajaran yang konvensional sehingga tidak dapat membantu pemahaman siswa dan siswa kurang memahami materi. Sebagaimana yang selama ini dilakukan pada pembelajaran di kelas II MI Ma’arif Tanjungsari Borobudur. Pembelajaran fiqih membutuhkan metode pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Salah satu cara adalah dengan menerapkan metode cooperative script di mana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah penerapan metode cooperative script pada pembelajaran fiqih kelas II MI Ma’arif Tanjungsari Borobudur?, (2) Apakah metode cooperative script dapat meningkatkan motivasi belajar fiqih di kelas II MI Ma’arif Tanjungsari Borobudur? Penelitian yang digunakan penulis yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahab perencanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data diperoleh melalui partisipasi siswa yang diambil dari lembar observasi yang dilakukan sebelum dilakukan tindakan dan setiap akhir siklus, hasil wawancara dengan kepala sekolah dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini dengan membandingkan hasil yang diperoleh pada pra siklus, siklus I dan siklus II dari segi peningkatan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode cooperative script dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fiqih materi shalat fardhu di kelas II MI Ma’arif Tanjungsari Borobudur, terlihat dari kadaan sebelum menggunakan metode cooperative script (Pra Siklus) dari 10 siswa terobservasi mempunyai kategori tinggi 1 siswa, kategori sedang 3 siswa, kategori rendah 6 siswa. Setelah menggunakan metode cooperative script (Siklus I) terobservasi mempunyai kategori tinggi 1 siswa, kategori sedang 5 siswa, kategori rendah 4 siswa. Kemudian setelah dilakukan tindakan siklus II terobservasi mempunyai kategori tinggi 2 siswa, kategori sedang 6 siswa, kategori rendah 2 siswa. Adapun rata-rata motivasi belajar siswa di kelas itu pada Pra Siklus sebesar 1,72. Setelah dilakukan tindakan pada Siklis I menjadi 1,78. Kemudian setelah dilakukan tindakan ke II atau Siklus II menjadi 1,94. Angka tersebut menunjukkan terjadinya peningkatan rata-rata motivasi belajar pada Pra Siklus – Siklus I sebesar 0,06. Sedangkan peningkatan komulatif rata-rata motivasi belajar siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan atau Pra Siklus – Siklus II sebesar 0,22.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Cooperative Script, Motivasi Belajar, Pembelaaran Fiqih
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Sep 2014 07:26
Last Modified: 31 Jan 2017 04:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item View Item