UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KOLABORATIF BAGI SISWA KELAS IV MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

ANTON RUSDIYANTO, NIM. 13485261 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KOLABORATIF BAGI SISWA KELAS IV MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KOLABORATIF BAGI SISWA KELAS IV MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI METODE KOLABORATIF BAGI SISWA KELAS IV MI YAPPI TOBONG NGAWEN GUNUNGKIDUL TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (776kB)

Abstract

Anton Rusdiyanto. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata pelajaran Matematika melalui metode Kolaboratif Bagi Siswa kelas IV MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014 Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika soal cerita, karena penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat, sehingga pelajaran matematika dirasakan kaku dan pelajaran yang menakutkan bagi sebagian besar siswa. Kondisi ini berpengaruh terhadap pencapaian prestasi siswa yang masih rendah. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini mengambil subyek kelas IV MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul. Fokus penelitian adalah upaya meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika melalui metode kolaboratif bagi siswa kelas IV MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, tes, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode Kolaboratif / kelompok dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika. (2) Pada saat pembelajaran guru lebih kreatif, sehingga membuat siswa lebih semangat, antusias dan merasa senang. Hal ini tampak pada skor nilai menyelesaikan soal cerita yang terus meningkat. Pada pre-test skor rata-rata adalah 11,25, sedangkan skor akhir tindakan Siklus I adalah 13,87. Pada Siklus II skor rata-rata adalah 16,63 sementara itu, rata-rata pada saat post-test adalah 17,38. Sehingga dapat simpulkan bahwa mulai dari awal sebelum (pre-test) tindakan hingga sesudah tindakan (post-test) mengalami peningkatan sebesar 6,13 yaitu dari skor rata-rata 11,25 menjadi 17,38. Kesimpulan Penelitian dengan Penerapan Kelompok Belajar mampu meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita sesuai dengan tahap-tahap penyelesaiannya pada siswa kelas IV MI YAPPI Tobong Ngawen Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Belajar, Menyelesaikan Soal Cerita Matematika, Kemampuan, Kelompok Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 18 Sep 2014 07:29
Last Modified: 31 Jan 2017 04:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13986

Actions (login required)

View Item View Item