UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH WONOGIRI KAJORAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

AKHMAD IKHSANUL KHAKIM , NIM. 12415353 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH WONOGIRI KAJORAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DENGAN METODE INDEX CARD MATCH )
BAB II. III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (695kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi dengan Metode Index Card Match pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Wonogiri Kajoran Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Proses pembelajaran di MI Muhammadiyah Wonogiri Kajoran Magelang siswa belum terlibat secara aktif dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas. Sehingga berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembelajaran, keaktifan siswa meningkat dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi Perkembangan Teknologi aspek kognitif pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Wonogiri Kajoran Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014 akan meningkat juga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: observasi, wawancara dan kajian dokumen. Data yang terkumpul disusun dalam bentuk tabel dan grafik dan selanjutnya di analisis. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif. Analisis kuantitatif mendeskripsikan data hasil observasi dan wawancara selama pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa dan hasil belajar aspek kognitif siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Perkembangan Teknologi telah mencapai target yang ditetapkan. Pada tahap prasiklus, keaktifan siswa hanya 45,3% pada siklus I meningkat menjadi 67,19% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 84,38%. Hasil belajar aspek kognitif siswa pada tahap prasiklus yang mendapat nilai tuntas sebanyak 37,5% saja. Pada siklus I siswa yang mendapat nilai tuntas meningkat menjadi 62,5%. Dan pada siklus II, siswa yang mendapat nilai tuntas meningkatlagi menjadi 87,5%. Persentase capaian rata-rata berdasarkan hasil observasi untuk siklus I sebesar 64,06% dan pada siklus II sebesar 82,81%. Pada siklus II, tindakan dihentikan karena terget keaktifan siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi Perkembangan Teknologi pada siswa kelas IV MI Muhammadiyah Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014 sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. H. Nur Rohmah, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, Index Card Match, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Sep 2014 01:40
Last Modified: 31 Jan 2017 04:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

View Item View Item