REFORMASI BUDAYA PATRIARKI: PROSES DAN DINAMIKA PERUBAHAN SOSIAL DALAM PROGRAM MEN CARE+ LSM RIFKA ANNISA DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

AULIA CHOIRUNISA, NIM. 11720018 (2016) REFORMASI BUDAYA PATRIARKI: PROSES DAN DINAMIKA PERUBAHAN SOSIAL DALAM PROGRAM MEN CARE+ LSM RIFKA ANNISA DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REFORMASI BUDAYA PATRIARKI: PROSES DAN DINAMIKA PERUBAHAN SOSIAL DALAM PROGRAM MEN CARE+ LSM RIFKA ANNISA DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
11720018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (REFORMASI BUDAYA PATRIARKI: PROSES DAN DINAMIKA PERUBAHAN SOSIAL DALAM PROGRAM MEN CARE+ LSM RIFKA ANNISA DI DESA NGALANG KECAMATAN GEDANGSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
11720018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Secara khusus di Indonesia, masih minim keterlibatan laki- laki dalam rumah tangga yang berdampak pada menurunnya kualitas kesehatan dan meningkatnya angka kematian ibu. Selain itu minimnya keterlibatan laki-laki dalam urusan domestik dan pengasuhan berpengaruh pada terjadinya kekerasan terhadap perempuan. Budaya patriarki yang sudah terkonstruk secara turun temurun dalam masyarakat merupakan akar permasalahan yang membuat lakilaki tidak ikut terlibat dalam urusan domestik. Program men care+ atau laki-laki peduli adalah program kampanye tentang keterlibatan laki-laki dalam urusan keluarga seperti berbagi peran domestik dan pengasuhan anak Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses, dinamika dan hasil perubahan yang didapatkan oleh anggota komunitas men care+ melalui intervensi komunitas oleh LSM Rifka Annisa WCC. Penelitian ini dilakukan di Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul dengan menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan proses pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan teori interaksionisme simbolik yang digagas oleh Herbert Blummer. Hasil penelitian menunjukan bahwa intervensi yang dilakukan oleh LSM Rifka Annisa melalui pogram laki-laki peduli (men care+) memberi dampak positif bagi masyarakat Desa Ngalang khususnya bagi anggota komunitas. Dampak positif tersebut adalah perubahan perilaku. Perubahan tidak akan terjadi tanpa adanya proses. Proses yang dilakukan adalah keterlibatan aktif mengikuti kegiatan selama tiga tahun dalam dua angkatan. Untuk mencapai perubahan pada anggota komunitas terdapat kendala dan dinamika yang harus dihadapi di masyarakat. Hasil akhir dari program men care+ adalah bergesernya pemahaman masyarakat tentang budaya patriarki. Selain itu terdapat dua perubahan relasi. Pertama, relasi sosial dalam keluarga. Relasi sosial dalam keluarga seperti keterlibatan laki-laki dalam pengasuhan anak, berbagi peran domestik, peluang interaksi dan komunikasi pasangan suami isteri, reorientasi sumber daya keuangan dan pengalaman penyelesaian masalah dengan refleksi orang lain. Kedua, perubahan relasi di luar keluarga yaitu relasi sosial diluar keluarga atau publik seperti menciptakan role model bagi masyarakat dan keberanian berpendapat di depan umum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Uzair, M.A, Ph.D
Uncontrolled Keywords: Program Men Care+, Intervensi Komunitas, Perubahan
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 May 2016 11:05
Last Modified: 09 May 2016 11:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13992

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum