UPAYA KOMUNITAS PRIMA (PROGRAM IBU MANDIRI) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA KELOMPOK IBU-IBU DI DUSUN SINTOKAN, WUKIRSARI, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN DIY

NAILATUL MARAM, NIM. 11720019 (2016) UPAYA KOMUNITAS PRIMA (PROGRAM IBU MANDIRI) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA KELOMPOK IBU-IBU DI DUSUN SINTOKAN, WUKIRSARI, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA KOMUNITAS PRIMA (PROGRAM IBU MANDIRI) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA KELOMPOK IBU-IBU DI DUSUN SINTOKAN, WUKIRSARI, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN DIY)
11720019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA KOMUNITAS PRIMA (PROGRAM IBU MANDIRI) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERWIRAUSAHA KELOMPOK IBU-IBU DI DUSUN SINTOKAN, WUKIRSARI, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN DIY)
11720019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pada masa sekarang ini, eksistensi perempuan tidak hanya sebagai ibu rumah tangga sebagian dari mereka beralih ke ranah publik, dalam arti perempuan keluar rumah bekerja membantu suami untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Fenomena ini dapat dilihat dari kelompok ibu-ibu Dusun Sintokan yang bekerja sebagai wirausaha untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Karena pada dasarnya perempuan mempunyai potensi yang sebanding dengan laki-laki baik dari segi intelektual, kemampuan maupun keterampilan. Permaslahan yang ada dalam penelitian ini ini adalah bagaimana Upaya Komunitas PRIMA untuk menumbuhkan keterampilan berwirausaha kelompok ibuibu Dusun Sintokan Wukirsari, Cangkringan Sleman DIY? Penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan upaya Komunitas PRIMA dalam membantu perekonomian perempuan rumah tangga mereka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dikumpulkan bersifat gambar, kata-kata, foto-foto dan catatan lainnya. Cara pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi sebagai alat untuk menganalisis partisipasi kelompok ibu-ibu terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh Komunitas PRIMA melalui keterampilan berwirausaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya Komunitas PRIMA untuk menumbuhkan keterampilan berwirausaha memiliki bentuk-bentuk upaya secara teknis dan non-teknis. Adapun bentuk upaya secara teknis diantaranya pemberian pinjaman sebagai modal usaha, edukasi sebagai arahan awal, pendampingan sebagai pengembangan skil, tausyiah sebagai pembinaan kerohanian, penyuluhan sebagai ruang tanya jawab anggota terkait usahanya. Adapun bentuk upaya secara non-teknis ialah meningkatkankualitas usaha dan mengasah keahlian dalam berwirausaha, Komunitas PRIMA sebagai fasilitas ibu-ibu Dusun Sintokan dalam mengembangkan keterampilan berwirausaha, membangun mental untuk menjadi wirausaha tangguh, menanamkan jiwa wirausaha. Sedangkan wujud partisipasi kelompok ibu-ibu Dusun Sintokan terhadap upaya Komunitas PRIMA dalam menumbuhkan keterampilan berwirausaha yaitu terwujud melalui kegiatan produktif rumah tangga, jasa pencucian baju Kawai Salsabilah Loundry, dan kantin sekolah. Upaya Komunitas PRIMA ini memberikan dampak positif bagi kelompok ibu-ibu Dusun Sintokan, akan tetapi upaya belum sepenuhnya berhasil secara maksimal karena adanya kendala yang dialami kelompok ibu-ibu Dusun Sintokan, salah satunya yaitu dikarena kesibukan masing-masing anggota dalam menghadiri pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Yayan Suryana, S.Ag., M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Upaya, Keterampilan berwirausaha, Komunitas PRIMA.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 May 2016 13:55
Last Modified: 09 May 2016 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13997

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum