UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MELALUI METODE PERMAINAN DI MI TARBIYATUSSIBYAN 2 SALAMAN MAGELANG

YUYUN USTADZAH , NIM. 12415281 (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MELALUI METODE PERMAINAN DI MI TARBIYATUSSIBYAN 2 SALAMAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MELALUI METODE PERMAINAN DI MI TARBIYATUSSIBYAN 2 SALAMAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I MELALUI METODE PERMAINAN DI MI TARBIYATUSSIBYAN 2 SALAMAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (854kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Melalui Metode Permainan Di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman Magelang” . Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Siswa kelas I MI Tarbiyatussibyan 2 beranggapan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia kurang menyenangkan karena hanya membaca dan menulis. Penelitian ini mengambil salah satu faktor penghambat pembelajaran yang dilaksanakan dan digunakan dikelas, dengan tujuan untuk dapat memperbaiki kwalitas pembelajaran dan meningkatkan minat belajar peserta didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode permainan dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman Magelang, (2) Apakah penerapan metode permainan dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MI Tarbiyatussibyan 2 Salaman Magelang Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode permainan dengan hasil sebagai berikut: Pada pertemuan pra tindakan dari 19 siswa, anak yang memiliki minat belajar bahasa indonesia adalah 35,98% dan selebihnya masih kurang berminat belajar bahasa indonesia. Siklus I, pada pembelajaran season I dari 19 siswa, anak yang memiliki minat belajar bahasa indonesia adalah 49,2% siswa dan tingkat keberhasilannya adalah 57,89% siswa Siklus II, pada pembelajaran season II dari 19 siswa, anak yang memiliki minat belajar bahasa inndonesia adalah 75,97% siswa dan tingkat keberhasilannya adalah 78,94% siswa. Hasil penerapan metode permainan yang berkaitan dengan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran bahasa indonesia di MI Tarbiyatussibyan2 telah dianggap tuntas dengan hasil 75,97% siswa berkembang sesuai dengan harapan dan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Permainan, peningkatan minat belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Sep 2014 01:52
Last Modified: 28 Feb 2017 02:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item