MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IVSEMESTER II MI MA’ARIF NURUL HUDA BUTUH, DUSUN SEKETI, DESA BUTUH, KECAMATAN SAWANGAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ARIF SETIAWAN, NIM. 12485099 (2014) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IVSEMESTER II MI MA’ARIF NURUL HUDA BUTUH, DUSUN SEKETI, DESA BUTUH, KECAMATAN SAWANGAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IVSEMESTER II MI MA’ARIF NURUL HUDA BUTUH, DUSUN SEKETI, DESA BUTUH, KECAMATAN SAWANGAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH TAHUN PELAJAR)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS IVSEMESTER II MI MA’ARIF NURUL HUDA BUTUH, DUSUN SEKETI, DESA BUTUH, KECAMATAN SAWANGAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH TAHUN PELAJAR)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (339kB)

Abstract

ARIF SETIAWAN. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II MI Ma’arif Nurul Huda Butuh Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar siswa kelas IV semester II MI Ma;arif Nurul Huda Butuh, tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mengikuti pelajaran IPA siswa kelas IV MI Ma’arif Nurul Huda Butuh? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPA. Penggunaan model pembelajaran Kontekstual dilihat dari hasil peningkatan pembelajaran sebelum menggunakan pendekatan Kontekstual nilai rata-rata siswa pada kondisi awal yaitu 6,35, setelah dilakukan penelitaian pada siklus I nilai siswa yang di atas KKM 9 siswa dan di bawah KKM 11 siswa. Nilai rata-rata siklus I adalah 8,6. Peningkatan nilai dari pre tes ke pos tes adalah 1,8. Pada siklus II peningkatan nilai hasil belajar siswa adalah, 17 siswa yang nilainya sudah diatas KKM dan 3 siswa yang masih dibawah KKM atau tidak tuntas. Ratarata nilai yang diperoleh adalah 84,28 meningkat dari sebelumnya 8,5.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. Hamruni, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Sep 2014 02:02
Last Modified: 14 Feb 2017 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14000

Actions (login required)

View Item View Item