UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK PADA SISWA KELOMPOK A KELAS FIRDAUS RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG

ATIK YULIYANI , NIM. 12485122 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK PADA SISWA KELOMPOK A KELAS FIRDAUS RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK PADA SISWA KELOMPOK A KELAS FIRDAUS RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DENGAN METODE BERMAIN KELOMPOK PADA SISWA KELOMPOK A KELAS FIRDAUS RA PERWANIDA GRABAG MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

AtikYuliyani. Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Dengan Metode Bermain Kelompok Pada Siswa Kelompok A kelas Firdaus RA Perwanida Grabag Magelang. Skripsi. Yogyakarta, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan DIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang penerapan metode bermain kelompok dalam upaya meningkatkan kemandirian anak pada siswa kelompok A kelas Firdaus RA Perwanida Grabag Maagelang, dan mendiskripsikan tentang seberapa besar pengaruh metode bermain ters~but dalam pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kemandirian anak pada siswa kelompok A kelas Firdaus RA Perwanida Grabag Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian siswa kelompok A kelas Firdaus RA Perwanida Grabag Magelang yang berjumlah 28 anak. Metode pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi aktivitas anak selama proses pembelajaran, wawancara dan dokumentasi berupa foto kegiatan selama proses tindakan. Penerapan kegiatan bermain kelompok pada siswa kelompok A kelas Firdaus RA Perwanida Grabag Magelang, terbukti dapat meningkatkan kemandirian anak. Hal ini terbukti dari hasil observasi yang dilakukan pada pra tindakan, dimana kemandirian anak baru mencapai 46,4%, kemudian meningkat menjadi 58,9% pada siklus I. Artinya telah terjadi peningkatan sebesar 12,5%. Setelah diadakan tindakan kembali pada siklus II, kemandirian anak meningkat kembali menjadi 73,2%, yang berarti dari siklus Ike siklus II terjadi peningkatan sebesar 14,3%. Jika dihitung adanya peningkatan dari pra tindakan sampai ke siklus II maka terjadi peningkatan sebesar 26,8% dari 46,4% sebelum tindakan, menjadi 73,2% setelah diadakan tindakan sampai ke siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemandirian Anak, Bermain Kelompok
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Sep 2014 02:04
Last Modified: 31 Jan 2017 04:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14001

Actions (login required)

View Item View Item