IMPLEMENTASI METODE COOPERATIFE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI WALISONGO SUMBERARUM TAHUN PELAJARAN 2013 -12014.

YUYUN USTADZAH , NIM. 12415281 (2014) IMPLEMENTASI METODE COOPERATIFE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI WALISONGO SUMBERARUM TAHUN PELAJARAN 2013 -12014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE COOPERATIFE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI WALISONGO SUMBERARUM TAHUN PELAJARAN 2013 -12014.)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE COOPERATIFE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MI WALISONGO SUMBERARUM TAHUN PELAJARAN 2013 -12014.)
BAB II, III.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (472kB)

Abstract

Implementasi Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MI Walisongo Sumberarum Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Tujuan diadakannya penelitian adalah: (1) mengetahui implementasi pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran IPA di kelas V MI Walisongo Sumberarum, (2) mengetahui hasil belajar IPA siswa kelas V MI Walisongo Sumberarum dengan menggunakan metode cooperative learning tipe jigsaw, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Walisongo Sumberarum dengan menggunakan metode cooperative learning tipe Jigsaw. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal evaluasi pada setiap akhir siklus, aktivitas guru selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru dan siswa, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika > 75% siswa telah memenuhi KKM atau dinyatakan tuntas , yaitu > 18 siswa dari jumlah keseluruhan 24 siswa telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning tipe Jigsaw efektif digunakan pada pembelajaran IPA materi Pesawat Sederhana khususnya untuk siswa MI Walisongo Sumberarum, setelah dilaksanakan tindakan terbukti dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dan dibandingkan pada hasil pra tindakan yang menunjukkan rata-rata kelas 47,92 atau 25% siswa yang mencapai KKM, kemudian pada siklus I menunjukkan rata-rata kelas 59,38 dengan prosentase ketuntasan belajar 58,33%, dari data pra tindakan mengalami kenaikan 33,33%. Setelah diadakan observasi, refleksi dan perbaikan-perbaikan siklus I hasil belajar siklus II meningkat sebesar 33,34%, sehingga secara keseluruhan setelah tindakan siklus I dan siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 66,67% sehingga pada siklus II hasil belajar mencapai 91,67% dari jumlah siswa yang berhasil mencapai KKM yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Siti Fatonah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Jigsaw, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Nov 2014 01:37
Last Modified: 28 Feb 2017 02:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14002

Actions (login required)

View Item View Item