MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH XV PANGENJURUTENGAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

BRAMANISRI SEKAR WIGATI, NIM. 12485254 (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH XV PANGENJURUTENGAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH XV PANGENJURUTENGAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE ROLE PLAY PADA KELOMPOK B DI RA MASYITHOH XV PANGENJURUTENGAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (162kB)

Abstract

Bramanisri Sekar Wigati, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Metode Role Play Pada Kelompok B di RA Masyithoh XV Pangenjurutengah Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,2014. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah yang muncul sebelum dilakukan penelitian saat pembelajaran keaksaran dan melihat hasil belajar yang kurang memuaskan pada kelompok B3. Peserta didik masih kesulitan untuk membedakan suku kata dan membaca kata sederhana sehingga membaca merupakan kesulitan mendasar. Dengan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; 1) Apakah metode role play dapat meningkatan kemampuan membaca peserta didik? 2) Bagaimana kemampuan membaca peserta didik setelah menggunakan metode role play. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes lisan. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriftif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan, (2) meningkatnya kemampuan membaca permulaan kelompok B3 yang mencapai 76,19%. Hasil pengamatan pembelajaran menggunakan metode role play pada pra siklus kemampuan membaca peserta didik kelompok B3 adalah 38,10%, di bawah target pencapaian indikator pada pengembangan keaksaraan, kemudian peneliti menggunakan metode role play untuk meningkatkannya. Pada tahap siklus I pencapaian kemampuan membaca peserta didik mengalami peningkatan yaitu 57,14%, tetapi masih dibawah target, kemudian dilakukan tahap siklus II sebagai langkah lanjutan dari siklus I, dan mengalami peningkatan juga yaitu 76,19% untuk peserta didik yang berkategori (BSH/ baik) dan 23,81% untuk peserta didik yang berkategori (MM/ cukup). Pencapaian prosentasi tersebut dianggap berhasil karena melebihi batas keberhasilan yaitu 75%. Peserta didik kelompok B3 ratarata sudah mampu membedakan suku kata dan dapat membaca kata seder

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.Dudung Hamdun,M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 25 Sep 2014 02:10
Last Modified: 14 Feb 2017 03:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item View Item