UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIK SHOLAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DIPADU MEDIA PERAGA VISUAL PADA KELOMPOK A DI TK RA MUSLIMAT NU SALAM I SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

YUHROTUN NISA , NIM. 12485255 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIK SHOLAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DIPADU MEDIA PERAGA VISUAL PADA KELOMPOK A DI TK RA MUSLIMAT NU SALAM I SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIK SHOLAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DIPADU MEDIA PERAGA VISUAL PADA KELOMPOK A DI TK RA MUSLIMAT NU SALAM I SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIK SHOLAT MELALUI METODE DEMONSTRASI DIPADU MEDIA PERAGA VISUAL PADA KELOMPOK A DI TK RA MUSLIMAT NU SALAM I SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Keterampilan Praktik Sholat Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas A TK Raudhatul Athfal Muslimat NU Salam I Salam Magelang - Skripsi, Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan metode demonstrasi dipadu media peraga visual dalam meningkatkan pembelajaran praktek sholat pada siswa kelas A TK RA Muslimat NU Salam I Salam Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru yang lain. Dengan subjek penelitian adalah siswa kelompok A TK RA Muslimat NU Salam I Salam Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, tes, wawancara, observasi, dokumentasi, praktek sholat dan catatan selama penelitian berlangsung. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan siswa dalam pembelajaran sholat. Setelah menerapkan metode demonstrasi, yang dipadu dengan media peraga visual. Adapun cara yang ditempuh untuk meningkatkan keterampilan praktek sholat siswa dengan metode demonstrasi dipadu media peraga visual, adalah dengan menerapkan metode tersebut selama dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 1 pertemuan. Dari hasil persentase keterampilan praktik sholat siswa pada pra tindakan sebesar 85% siswa yang sudah bisa menirukan belum lancar, 11% bisa menirukan dengan lancar, 0,69% yang bisa sendiri tanpa menirukan. Meningkat pada siklus I menjadi 41,21% siswa yang sudah menirukan belum lancar, 49,44% siswa yang bisa menirukan dengan lancar, 16,2% yang bisa sendiri tanpa menirukan. Hasil siklus II lebih meningkat lagi yaitu 7,21% untuk siswa yang menirukan belum lancar, 39,30% siswa yang bisa menirukan dengan lancar dan 60% bisa sendiri tanpa menirukan. Dengan demikian peningkatan keterampilan siswa secara bertahap dari hanya menirukan belum lancar, menirukan dengan lancar dan menjadi bisa sendiri tanpa menirukan. Dari hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dipadu media peraga visual dapat meningkatkan keterampilan praktik sholat siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: PRAKTIK SHOLAT, METODE DEMONSTRASI, MEDIA PERAGA VISUAL
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Sep 2014 03:30
Last Modified: 28 Feb 2017 02:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14005

Actions (login required)

View Item View Item