UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SEMESTETR II MI MA’ARIF TANJUNGANOM KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

YATIN AL FATONI , NIM. 12415280 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SEMESTETR II MI MA’ARIF TANJUNGANOM KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SEMESTETR II MI MA’ARIF TANJUNGANOM KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS II SEMESTETR II MI MA’ARIF TANJUNGANOM KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (220kB)

Abstract

Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Datar Dengan Metode Demontrasi Pada Siswa Kelas II Semester II MI Ma'arif Tajunganom Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang”, Skripsi. Yogyakarta : Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014. Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai Matematika kelas II di MI Ma’arif Tanjunganom Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang masih rendah di bawah KKM yang ditetapkan sebesar 60. Dengan demikian masih banyak siswa masih bernilai dibawah atau kurang dari 60. Dari hasil pengamatan peneliti, proses pembelajaran masih di dominasi oleh guru. Dalam proses pembelajaran metode yang di gunakan hanya ceramah dan kurang memberi perhatian yang baik bagi siswa. Untuk membantu hal tersebut , supaya pembelajaran lebih mengena maka peneliti menggunakan metode demontrasi, dengan harapan adanya metode demontrasi ini siswa akan senang, terangsang, tertarik dan fokus dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode demontrasi pada siswa kelas II semester II di MI Ma’arif Tanjunganom Kecamatam Salaman Kabupaten Magelang. Penelitian dilaksanakan di MI Ma’arif Tanjunganom Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang pada Februari sampai dengan April 2014 dan subyek yang akan di kenai tindakan adalah siswa kelas II sejumlah 20 anak mata pelajaran matematika. Pokok bahasan yang diambil adalah bangun datar. Sedangkan instrumen yang penelitian yang di gunakan adalah metode observasi dan wawancara sebagai instrumen pendukung. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus, dan masing – masing siklus dilakukan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa :1).Penerapan metode demontrasi memang tepat digunakan untuk mata pelajaran matematika pada siswa kelas II MI Ma’arif Tanjunganom salaman Magelang. Nilai rata-rata evaluasi pra siklus sebesar 50,75, pada siklus I sebesar 60,05 dan pada siklus II sebesar 70,01. Sehingga pada akhir siklus terjadi peningkatan. Sedangkan ketuntasan belajar perorangan pada pra siklus = 30%, siklus I = 50% dan pada siklus II = 100%. 2 ) Dengan metode demontrasi dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika, dan mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal ( SKBM ) yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Ahmad Rodli M.Si.
Uncontrolled Keywords: Demontrasi, Pemahaman, Matematika
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Sep 2014 03:45
Last Modified: 28 Feb 2017 02:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14006

Actions (login required)

View Item View Item