EFEKTIFITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI RA FATIMAH SUREN KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014

DARIYANI, NIM. 12485253 (2014) EFEKTIFITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI RA FATIMAH SUREN KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIFITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI RA FATIMAH SUREN KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIFITAS MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR KONSEP BILANGAN ANAK KELOMPOK A DI RA FATIMAH SUREN KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (548kB)

Abstract

Dariyani, Efektifitas Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Konsep Bilangan Anak Kelompok A di RA Fatimah Suren Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2013 / 2014, Skripsi : Program Studi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN SUnan Kalijaga Yogayakarta. Menyadari pentingnya memperhatikan pengembangan minatbelajar anak tentang konsep bilangan pada anak usia dini maka dibutuhkan stimulus yang tepat. Tentunya, dengan cara yang sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak. Dan perlu kita ketahui bahwa salah satu faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar anak tentang konsep bilangan adalah bagimana seorang guru atau orang tua mengenalkan dengan media yang mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi anak dalam proses pembelajaran tersebut. Masalah dalam penelitian ini adalah efektifitas anak Kelompok A dalam belajar konsep bilangan belum dapat mencapai tujuan dan kompetensi yang harus dimiliki, berdasarkan hasil tes unjuk kerja menunjukkan masih terdapat sekitar 55% dari jumlah anak yang belum mencapai kategori baik. Keterlibatan anak saat berlangsungnya kegiatan adalah untuk mengetahui efektifitas kemampuan belajar konsep bilangan anak Kelompok A di RA Fatimah Suren Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2013 / 2014. Subjek yang menerima tindakan adalah anak Kelompok A sejumlah 16 anak, laki-laki 7 anak dan perempuan 9 anak. Data dikumpulkan dengan teknik tes unjuk kerja dan observasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dengan analisis diskriptif kualitatif. Indikator kinerja dalam penelitian ini adalah : (1) Pada Pra Siklus sebanyak 43, 75%, (2) Pada Siklus I sebanyak 62,5%, (3) Pada Siklus II sebanyak 75%. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan tahapan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa media gambar efektif untuk meningkatkan minat belajar konsep bilangan pada anak Kelompok A di RA Fatimah Suren Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2013 / 2014. Hal ini terbukti bahwa anak yang mencapai indikator kinerja, baik pada Pra Siklus 43, 75% sebanyak 7 anak, pada Siklus I 62,5% sebanyak 10 anak, dan pada Siklus II 75% sebanyak 12 anak. Juga pada Pembelajaran Konsep Bilangan pada anak Kelompok A di RA Fatimah Suren Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2013 / 2014 menjadi lebih menarik dan efektif. Keaktifan anak meningkat, yaitu pada kegiatan Pembelajaran Pra Siklus adalah 43,74% (kurang), Siklus I adalah 56,25% (cukup), dan siklus II adalah 81,25% (baik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Minat belajar konsep bilangan,efektifitas media gambar
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 03 Dec 2014 02:21
Last Modified: 14 Feb 2017 03:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14008

Actions (login required)

View Item View Item