PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WUNARNI , NIM. 12485240 (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS VI MI MA’ARIF KEBONSARI BOROBUDUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (141kB)

Abstract

Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Dengan Metode Inquiry pada Siswa Kelas VI MI Ma’arif Kebonsari Borobudur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta, April 2014. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran menulis surat resmi dengan metode inquiry pada siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kebonsari Borobudur (2) Apakah penerapan pembelajaran menulis surat resmi dengan metode inquiry pada siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kebonsari Borobudur dapat meningkatkan kinerja guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa menulis surat resmi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menjelaskan penerapan pembelajaran menulis surat resmi dengan metode inquiry pada siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kebonsari Borobudur. (2) Mendeskripsikan kinerja guru, aktivitas siswa, dan keterampilan siswa kelas VI MI Ma’arif Kebonsari Borobudur dalam pembelajaran menulis surat resmi dengan metode Inquiry tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI MI Ma’arif Kebonsari Borobudur Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil Penelitian (1) Penerapan pembelajaran menulis surat resmi melalui metode inquiry pada siswa kelas VI MI Ma’arif Kebonsari Borobudur tahun pelajaran 2013/2014 dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus dilakukan dalam 1 pertemuan, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pembelajaran dengan metode inquiry dilakukan dengan pemberian tugas. (2) Penerapan metode pembelajaran inquiry dapat meningkatkan kinerja guru, 8 aspek pada siklus I, 10 aspek pada siklus II. Aktivitas siswa kelas VI MI Ma’arif dalam pembelajaran menulis surat resmi dengan metode inquiry pada tiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pengamatan aktivitas siswa dari pra siklus sampai dengan siklus II, dengan nilai aktivitas siswa rata-rata dari 55.0 pada prasiklus, 74.0 pada siklus I, dan 81.83 pada siklus II. Prestasi hasil belajar siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Kebonsari dalam pembelajaran menulis surat resmi dengan metode inquiry pada tiap siklusnya. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pretes nilai rata-rata prestasi 49,6. Evaluasi siklus I diperoleh nilai rata-rata 70,2 atau 83,3% mencapai ketuntasan. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh 79,9 atau 95.8% mencapai ketuntasan. Jadi meningkat 87,3% dari siklus sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. H. M. Jamroh Latief, M.Si
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry, Keterampilan Menulis Surat Resmi.
Subjects: BAHASA
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Sep 2014 01:34
Last Modified: 28 Feb 2017 03:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item