PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH SHALAT BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU GULON 1 SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WIDIYANINGSIH , NIM. 12485238 (2014) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH SHALAT BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU GULON 1 SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH SHALAT BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU GULON 1 SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN IBADAH SHALAT BAGI PESERTA DIDIK KELOMPOK B RA MUSLIMAT NU GULON 1 SALAM MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (159kB)

Abstract

Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Ketrampilan Ibadah Shalat Bagi Peserta Didik Kelompok B RA Muslimat NU Gulon 1 Salam Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran ibadah shalat peserta harus dilibatkan langsung. Dalam arti peserta didik harus melakukan sendiri gerakan – gerakan dalam shalat, jika pembelajaran tidak melibatkan peserta didik secara langsung maka akan berpengaruh terhadap penguasaan materi, sehingga berpengaruh juga terhadap pemahaman tentang ibadah shalat bagi peserta didik. Di RA Muslimat NU Gulon 1 pembelajaran materi ibadah shalat masih menggunakan metode ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas sehingga peserta didik cepat merasa bosan. Untuk mengatasi masalah tersebut hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih dapat mengingat dan memahami yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi.Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode demonstrasi di RA Muslimat NU Gulon 1,(2) Bagaimana peningkatan ketrampilan ibadah shalat peserta didik setelah menggunakan metode demonstrasi di RA Muslimat NU Gulon 1. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan mengambil latar belakang RA Muslimat NU Gulon 1 yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan : 1. Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan ketrampilan ibadah shalat bagi peserta didik kelompok B RA Muslimat NU Gulon 1 kecamatan Salam Kabupaten Magelang adalah pembelajaran yang disusun dalam bentuk kegiatan harian (RKH) yaitu : (1) Guru menjelaskan tentan urutan shalat. (2) Guru membagi kelasmenjadi 2 kelompok berdasar jenis kelamin. (3) Guru memberikancontohgerakanshalat (4) Peserta didik memperhatikan guru dengan baik. (5) Peserta didik mempraktekkan shalat fardhu. (6) Evaluasi dilaksanakan dengan cara menyuruh peserta didik mempraktekan shalat fardhu secara individu. 2. Hasil penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan ketrampilan ibadah shalat peserta didik. Hal ini dapat dilihat ketika peserta didik mempraktekkan shalat. Dalam kegiatan itu tampak peserta didik sudah mampu mengurutkan dan melakukan gerakan dengan benar serta hafal bacaan shalat. Peningkatan itu ditandai dengan adanya nilai praktek ibadah shalat yaitu dari pra siklus 31,25 % kemudian setelah pelaksanaan pada siklus I prosentase meningkat menjadi 56,25% sampaisiklus II prosentase mengalami peningkatan mencapai 75 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: METODE DEMONSTRASI,IBADAH SHALAT, PESERTA DIDIK
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Sep 2014 07:05
Last Modified: 28 Feb 2017 03:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14012

Actions (login required)

View Item View Item