PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN BAHAN BEKAS PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL JAMUS NGLUWAR MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

WATINI , NIM. 12485237 (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN BAHAN BEKAS PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL JAMUS NGLUWAR MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN BAHAN BEKAS PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL JAMUS NGLUWAR MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DENGAN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMANFAATAN BAHAN BEKAS PADA KELOMPOK B DI RAUDHATUL ATHFAL JAMUS NGLUWAR MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (395kB)

Abstract

Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak dengan Metode Demonstrasi dalam Pemanfaatan Bahan Bekas pada Kelompok B di Raudhatul Athfal Jamus Ngluwar, Magelang Tahun Ajaran 2013/2014”. Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak dalam pemanfaatan bahan bekas pada Taman Kanak-Kanak dengan metode demonstrasi. Penelitian Tindakan Kelas ini melibatkan 14 anak terdiri 4 anak laki-laki dan 10 anak perempuan pada Raudhatul Athfal Jamus Ngluwar Kabupaten Magelang sebagai subjek penelitian. Langkah-langkah penelitian secara garis besar terdiri dari empat tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Keempat tahap ini dilakukan dalam 2 siklus. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi terhadap perilaku anak dalam menggambar, menggunting, dan menyelesaikan tugas berlangsung. Kemudian dituliskan ke dalam lembar observasi sebagai instrument penelitian. Hasil kegiatan anak dituliskan ke dalam lembar observasi kemudian diberi skor/nilai skor baik diberikan kepada anak yang mampu menyelesaikan tugas dengan baik dan rapi. Skor cukup diberikan kepada anak yang menyelesaikan tugas dengan bantuan, serta skor kurang diberikan kepada anak yang belum mampu menyelesaikan tugas atau belum mampu mengerjakan tugas. Berdasarkan hasil observasi terhadap penggunaan metode demonstrasi dalam pemanfaatan bahan bekas diperoleh hasil penelitian bahwa kemampuan motorik halus anak dalam pemanfaatan bahan bekas meningkat. Hasil observasi sebelum tindakan 50%, setelah tindakan siklus I meningkat menjadi 64,3%. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 85,7%. Dengan demikian kemampuan motorik halus anak dalam pemanfaatan bahan bekas mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan motorik halus anak, demonstrasi, bahan bekas.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 26 Sep 2014 07:16
Last Modified: 28 Feb 2017 02:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14013

Actions (login required)

View Item View Item