UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MUKJIZAT ULUL AZMI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA SISWA RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU SUCEN 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SITI MAFTUKHATUN , NIM. 12485194 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MUKJIZAT ULUL AZMI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA SISWA RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU SUCEN 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MUKJIZAT ULUL AZMI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA SISWA RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU SUCEN 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN ANAK TENTANG MUKJIZAT ULUL AZMI MELALUI CERITA BERGAMBAR PADA SISWA RAUDLATUL ATHFAL MUSLIMAT NU SUCEN 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Siti Maftukhatun, Upaya Meningkatkan Pengetahuan Anak Tentang Mukjizat Ulul Azmi Melalui Cerita Bergambar Di Raudlatul Athfal Muslimat NU Sucen 2 Kelompok B Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan kalijaga Yoyakarta, 2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya pengetahuan mukjizatululazmi pada peserta didik di Raudlatulathfal Muslimat NU Sucen 2 kelompok B. Dari permasalahan tersebut maka perlu adanya penelitian untuk memeperbaiki kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan pengetahuan tentang mukjizatululazmi pesertadidik. Penelitian ini bertujuan menguji penggunaan cerita bergambar untuk meningkatkan pengetahuan mukjizat Ulul Azmi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan siklus, yang dalam setiap siklus mencakup beberapa kegiatanya yaitu : 1) rencana tindakan 2) Pelaksanaan tindakan 3) Observasi dan 4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah 12 peserta didik yang memiliki indikator rendah dalam pengetahuan tentang mukjizat Ulul Azmi. Variable penelitian ada 3 yaitu variable input yaitu pengetahuan tentang mukjizat Ulul Azmi yang rendah pada 12 peserta didik subjek penelitian, variabel proses berupa penggunaan cerita bergambar dan variabel output berupa meningkatnya pengetahuan mukjizatUlul Azmi pada kedua belas responden. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi dan wawancara, untuk mengetahui validitas data. Aspek yang dijadikanindikatoradalah : 1) mengenal nama-nama Nabi Ulul Azmi 2) mengenal mukjizat Nabi Nuh 3) mengenal mukjizat Nabi Ibrahim 4) mengenal mukjizat Nabi Musa 5) Mengenalmuk jizat Nabi Isa dan 5) mengenalmukjizat Nabi Muhammad SAW. Hasil penelitian dapatdisimpulkan bahwapenggunaancerita bergambar dapat meningkatkan pengetahuan tentang mukjizat Ulul Azmi. Hal ini dapat dibuktikan dengan Skor sebelum tindakan 23,44%, dan skor setelahtin dakan siklus II menjadi 89,28 %, persentase perubahan 65,84%. Dengan demikian dapat diketahui pengetahuan anak tentang mukjizatulul azmi ada peningkatan dalam setiap siklus pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Andi Prastowo,M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : ceritaber gambar, pengetahuan mukjizatulul azmi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Sep 2014 01:38
Last Modified: 01 Mar 2017 03:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item View Item