UPAYA GURU MENGEMBANGKAN PARTISIPASI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE BERMAIN PADA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA DI KELAS III MI YAPPI DONDONG SAPTOSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ANIK ASIYATUN , NIM. 13485273 (2014) UPAYA GURU MENGEMBANGKAN PARTISIPASI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE BERMAIN PADA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA DI KELAS III MI YAPPI DONDONG SAPTOSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU MENGEMBANGKAN PARTISIPASI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE BERMAIN PADA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA DI KELAS III MI YAPPI DONDONG SAPTOSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU MENGEMBANGKAN PARTISIPASI DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE BERMAIN PADA PELAJARAN IPS MATERI KERJASAMA DI KELAS III MI YAPPI DONDONG SAPTOSARI TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (155kB)

Abstract

Anik Asiyatun, “Upaya Guru Mengembangkan Partisipasi dan Keaktifan Siswa Melalui Metode Bermain Pada Pembelajaran IPS Materi Kerjasama di Kelas III MI YAPPI Dondong Saptosari Tahun Pelajaran 2013/2014” Secara psikologis, pengajar harus menyadari bahwa untuk siswa kelas III pada Sekolah Dasar yang rata-rata berusia 9 – 10 tahun, merupakan babak akhir pada tingkatan kelas rendah. Sehingga di usia ini anak berkecenderungan akan menyiapkan dirinya memasuki kelas tinggi. Secara kejiwaan anak di kelas ini masih memiliki kepatuhan, ketundukan terhadap peraturan-peraturan permainan tradisional, membanding-bandingkan dirinya sendiri dengan teman yang lain, berpikir rapot dinilai baik walau pekerjaannya layak dinilai atau tidak. Namun tidak boleh dilupakan bahwa anak kelas III Sekolah Dasar tetaplah anakanak yang memiliki kebutuhan bermain-main. Kadangkala mereka bermain-main baik saat pelajaran maupun di luar pembelajaran berlangsung. Hal ini harus disadari oleh guru dan orang tua. Kebutuhan bermain anak-anak harus diperhatikan dan tidak boleh di kekang, karena bermain pada dasarnya memiliki kelebihan diantaranya membangun aspek sosial, aspek kognitif maupun aspek motorik. Hal ini secara tidak langsung menuntut guru untuk mampu menyiapkan strategi pembelajaran yang tidak monoton tetapi dilangsungkan dengan menarik dan selalu menjadikan penasaran bagi siswa, sehingga siswa selalu menanti-nanti untuk diajar oleh guru. Rumusan masalah adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas III MI YAPPI Dondong Saptosari? Bagaimana guru melaksanakan pengembangan partisipasi keaktifan siswa kelas III pada pelajaran IPS pada materi Kerjasama di kelas III MI YAPPI Dondong Saptosari? Bagaimana hasil pengembangan partisipasi keaktifan siswa kelas III melalui metode bermain pada pelajaran IPS dengan materi kerjasama? Sedangkan metode penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melibatkan observer dan siswa sebagai responden sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi. Hasil pembelajaran IPS di MI YAPPI Dondong Saptosari bahwa IPS adalah salah satu mata pelajaran wajib yang harus diajarkan dalam bentuk pembelajran IPS terpadu. Sedangkan cara pengajarannya untuk kelas rendah atau kelas I sampai kelas III berbentuk tematik. Hasil mengembangkan partisipasi keaktifan pada siklus I dari 16 siswa yang berkategori aktif sebanyak 18,75% sedangkan yang belum berkategori aktif 81,25%. Setelah dilakukan perbaikan hasilnya yang berkategori aktif 43,75% sedangkan belum berkategori aktif 56,25%. Pada siklus II siswa yang berkategori aktif 56,75% yang belum berkategori aktif 43,25%. Sedangkan pada pembelajaran perbaikan kedua hasilnya siswa berkategori aktif sebanyak 13 siswa atau 81,25% sedangkan siswa yang belum berkategori aktif sebanyak 3 siswa atau 18,75%. Dengan dilakukan perbaikan pada seHap pembelajaran siswa hasil yang diperoleh selalu meningkat dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, M.A
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Metode Bermain
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Sep 2014 01:46
Last Modified: 31 Jan 2017 04:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item