OPTIMALISASI DALAM MENYEBUTKAN NAMA-NAMA RASUL MELALUI GERAK TARI DAN LAGU 25 NABI DI BA AISYIYAH SUCEN I KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2013 – 2014

ANIFAH KURNIAWATI , NIM. 12485177 (2014) OPTIMALISASI DALAM MENYEBUTKAN NAMA-NAMA RASUL MELALUI GERAK TARI DAN LAGU 25 NABI DI BA AISYIYAH SUCEN I KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2013 – 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (OPTIMALISASI DALAM MENYEBUTKAN NAMA-NAMA RASUL MELALUI GERAK TARI DAN LAGU 25 NABI DI BA AISYIYAH SUCEN I KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2013 – 2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (24MB) | Preview
[img] Text (OPTIMALISASI DALAM MENYEBUTKAN NAMA-NAMA RASUL MELALUI GERAK TARI DAN LAGU 25 NABI DI BA AISYIYAH SUCEN I KELOMPOK B TAHUN AJARAN 2013 – 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (157kB)

Abstract

Anifah Kurniawati, Optimalisasi Dalam Menyebutkan nama-nama Rasul Melalui Gerak Tari Dalam Lagu 25 Nabi Di BA Aisyiyah Sucen I Kelompok B Tahun Ajaran 2013 – 2014. Skripsi. Yogyakarta. PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kejuruan. Latar belakang permasalahan penelitian ini adalah belum optimalnya dalam menyebutkan nama-nama rasul di BA Aisyiyah Sucen I karena kemungkinan kurang variasi dalam teknik penyampaian materi tersebut. Dalam menyebutkan nama-nama Rasul dengan teknik sebelumnya (melalui lirik “Balonku”) melihat data dokumen semester I dengan pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral ( NAM ) ke-10, Mengenal dan menyebutkan 10 nama Rasul Allah dan Pra Tindakan yang di lakukan, untuk menghadapi semester II yaitu indikator NAM ke-30. Menyebutkan 25 Nama Rasul, maka perlu ditingkatkan tekniknya yang lebih kreatif, inovativ dan menarik agar harapan tercapai penelitian ini mendiskripsikan hasil cipta Gerak Tari dalam Lagu 25 Nabi untuk mengoptimalkan dalam menyebutkan nama-nama Rasul. Penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif dengan mengambil latar belakang BA Aisyiyah Sucen I. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan di perkuat dengan dokumentasi. Penelitian juga menggunakan data statistik yang simpel untuk mengungkap data dan untuk keabsahan data peneliti di bantu teman sejawat sebagai guru pendamping pelaku observasi sehingga obyektif. Adapun urutan penelitian meliputi; Perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), Observasi (Observer) dan Refleksi (Reflekting). Peneliti dilakukan dengan dua siklus. Berdasarkan data menunjukan dengan indikator NAM ke-10 mengenal dan menyebutkan 10 nama Rasul dokumen data observasi semester I 57,88% dan pra tindakan 99,99%. Hal tersebut dengan kriteria penilaian yang rendah. Adapun dengan indikator NAM ke-30 menyebutkan 25 Rasul dengan kriteria penilaian leih tinggi menghasilkan Siklus I 89,46% dan Siklus II 99,99%. Hampir 100% meningkat didukung antusias peserta didik bahwa gerak tari dengan lagu 25 nabi dapat mengoptimalkan dalam menyebut nama-nama Rasul di BA Aisyiyah Sucen I kelompok B tahun ajaran 2013 – 2014.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr Imam Machali, M. Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Nama-nama rasul, gerak tari dan lagu
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Sep 2014 01:49
Last Modified: 31 Jan 2017 06:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14020

Actions (login required)

View Item View Item