PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG

AMIROTUL NGIZAH , NIM. 12485114 (2014) PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK KELOMPOK A DI RA MUSLIMAT NU DEYANGAN 2 MERTOYUDAN MAGELANG)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (772kB)

Abstract

Amirotul Ngizah. Pemanfaatan Media Gambar untuk Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A di RA Muslimat NU Deyangan 2 Mertoyudan Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah ini adalah kurangnya kemampuan berbahasa Indonesia dalam pembelajaran bahasa yang mengakibatkan dalam berbahasa mereka campur aduk antara bahasa daerah dengan bahasa Indonesia. padahal dalam kegiatan belajar di RA menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia. Maka perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa dengan baik. Peneliti ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran bahasa dan mengembangkan kemampuan berbahasa anak pada Kelompok A di RA Muslimat NU Deyangan 2. Peneliti ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang RA Muslimat NU Deyangan 2 pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi yang atau observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tehnik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran bahasa di Kelompok A RA Muslimat NU Deyangan 2 di laksanakan dalam 2 siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar. Sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi disetiap siklusnya. Terjadi perubahan dalam berbahasa peserta didik secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran, (2) Pengembangan berbahasa peserta didik dalam pembelajaran bahasa dengan media gambar sudah meningkat. Pengembangan berbahasa peserta didik terlihat siswa sudah bagus dalam berbahasa selama pembelajaran. Berani bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru dengan bahasa yang bagus. Pengembangan peserta didik dilihat dari hasil observasi awal sebesar, 35,52%. Pada siklus I pengembangan berbahasa peserta didik meningkat menjadi, 47,36%. Pada siklus II meningkat lagi menjadi, 79,60%. Peningkatan motivasi tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang akhirnya m

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Sep 2014 01:54
Last Modified: 31 Jan 2017 06:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14021

Actions (login required)

View Item View Item