PENERAPAN METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NGARGOGONDO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ALFIYATI, NIM. 12485113 (2014) PENERAPAN METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NGARGOGONDO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NGARGOGONDO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE INQUIRY BEBAS DENGAN MEDIA GAMBAR GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI BARU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NGARGOGONDO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (528kB)

Abstract

Alfiyati, “Penerapan Metode Inquiry Bebas dengan Menggunakan Media Gambar Guna Meningkatkan Kemampuan menulis Puisi Baru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014”. SKRIPSI, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI, Inquiry Bebas, Kemampuan Menulis Puisi Baru Dalam pembelajaran menulis puisi baru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur dalam proses pembelajaran belum memberikan siswa rangsangan yang bersifat riil dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar di kelas sehingga berpengaruh pada kreatifitas siswa dan kemampuan menulis puisi baru siswa. Mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan mandiri yaitu, pembelajaran yang menerapkan metode inquiry bebas dengan media gambar. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran melalui penerapan metode inquiry bebas dengan media gambar untuk menulis puisi baru bagi siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur Magelang Tahun pelajaran 2013/2014, dan mengatahui apakah ada peningkatan kemampuan menulis puisi baru melalui penerapan metoide inquiry bebas dengan media gambar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur Magelang Tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian tugas menulis puisi baru pada akhir siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) adanya kemampuan menulis puisi baru siswa, (2) adanya peningkatan kreatifitas siswa yaitu meningkatnya kemampuan menulis puisi baru siswa yaitu 85% dari jumlah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ngargogondo Borobudur Magelang mencapai nilai 80. Untuk memeriksa keabsahan data dipergunakan trianggulasi. Hasil pengamatan pembelajaran dengan penerapan metode inquiry bebas dengan media gambar dilaksanakan dengan membagikan siswa gambar yang dapat digunakan dalam menulis puisi baru. Selagi siswa membacakan puisi yang dibuatnya, guru membuat beberapa poin mengajar yang dirasa penting. Kemampuan menulis puisi siswa pada siklus I telah mengalami peningkatan dibandingkan pada saat pra siklus. Ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 60%, yaitu pada pra siklus baru mencapai 40%, pada siklus I mencapai 73% dan pada siklus II menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Nur Munajat, M.Si.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom -------For More Information -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Sep 2014 02:01
Last Modified: 31 Jan 2017 06:21
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/14023

Actions (login required)

View Item View Item