STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (TIPE JIGSAW) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IV DI MIS AL HUDA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SUWARNI, NIM. 12415287 (2014) STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (TIPE JIGSAW) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IV DI MIS AL HUDA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (TIPE JIGSAW) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IV DI MIS AL HUDA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (TIPE JIGSAW) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADITS PADA SISWA KELAS IV DI MIS AL HUDA PRINGOMBO TEMPURAN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

SUWARNI. Strategi Pembelajaran Collaborative Learning (Tipe Jigsaw) Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Mata Pelajaran Al Qur’an Hadits pada Siswa Kelas IV DI MIS Al Huda Pringombo, Tempuran, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tahun Akademik 2013/2014. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran Al Qur’an Hadits materi hokum bacaan ikhfa’ dan iqlab pada kelas IV di MIS Al Huda Pringombo, Tempuran, Magelang masih dikategorikan rendah atau masih berada di bawah nilai standar Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditentukan yaitu 60. Minat siswa belajar Al Qur’an Hadits juga belom optimal dikarenakan strategi yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran kurang menarik bagi siswa, masih cenderung bersifat teacher center atau berpusat pada guru. Sehingga pembelajaran Al Qur’an Hadits terasa membosankan serta sulit dipahami siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits materi hukum bacaan ikhfa’ dan iqlab dengan menggunakan collaborative learning (tipe jigsaw). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yaitu ragam penelitian pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah-masalah dalam pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran serta melakukan hal-hal yang baru dalam proses pembelajaran. Dalam hal ini adalah pembelajaran Al Qur’an Hadits dengan menggunakan teknik baru yaitu strategi collaborative learning (tipe jigsaw). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MIS Al Huda Pringombo dengan jumlah siswa 20 yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Data dikumpulkan melalui nilai tes yaitu pada tahap pre tes, kemudian tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Analisis data melalui pengumpulan dari tahap pengamatan, observasi dan wawancara. Sedangkan nilai tes meliputi pre tes, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pada pre tes atau tes awal menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas adalah 56,50. Siswa yang telah tuntas berjumlah delapan anak atau 40%. Sedangkan siswa yang belum mengalami ketuntasan berjumlah 12 anak atau 60% dari keseluruhan siswa 20 siswa. 2) Sedangkan setelah diadakan siklus I nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 64,25%. Siswa yang sudah tuntas berjumlah 14 siswa atau 70%, mengalami peningkatan 30% dari tes awal. Siswa yang belum mengalami ketuntasan berjumlah enam siswa atau 30%. 3) Kemudian setelah diadakan tindakan siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 73,75%. Siswa yang telah mengalami ketuntasan berjumlah 18 siswa atau 90%. Sedangkan siswa yang belum mengalami ketuntasan berjumlah dua anak atau 10%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Prof. Dr. H. Hamruni, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 29 Sep 2014 02:07
Last Modified: 04 Apr 2017 04:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14025

Actions (login required)

View Item View Item