PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK SlSWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IMAM PURO SUTORAGAN KAB. PURWOREJO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014

MIFTAH , NIM. 12485248 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK SlSWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IMAM PURO SUTORAGAN KAB. PURWOREJO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK SlSWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IMAM PURO SUTORAGAN KAB. PURWOREJO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AQIDAH AKHLAK SlSWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH IMAM PURO SUTORAGAN KAB. PURWOREJO SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Miftah. Penerapan Metode simulasi Untuk Meningkatkan motivasi belajar akidah akhlak kelas V Semester II MI Imam Puro Sutoragan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa kelasV semester IIMI Imam Puro Sutoragan, tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Akidah akhlak. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran simulasi dan bagaimana peningkatan motifasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran simulasi ? Guna menjawab pertanyaan tersebut penelit imelakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Maka dari itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan metode simulasi yang dapat mengubah semangat siswa untuk belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( P T K ) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan penerapan model metode simulasi dalam pembelajaran akidah akhlak pada kelas V. Setelah model ini diterapkan peneliti bersifat kualitatif dengan mengambil latar MI Imam Puro Sutoragan kecamatan Kemiri Kabupaten Purworejo.pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi,wawancara, dokumentasi,dan administrasi.data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini menggunakan analisis dengan menggunakan trianggulasi teknik. Adapun urutan kegiatan peneliti mencangkup (a). Perencanaan, (b), pelaksanaan, (c),obserfasi,( refleksi). Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwapenerapanmodel pembelajaran simulasi pada mata pelajaran akidah akhlak kelas V dilakukan dengan dua siklus, siklus I dan siklus ke II .pada siklus pertama siswa masih sulit dikondisikan terlihat kurang perhatian dalam mengikuti pelajaranakidah akhlak, siklus II peningkatan motifasi siswa dalam pembelajaran meningkat siswa perhatian dan bisa dikondisikan .Rata-rata keaktifan siswa menggunakan model pembelajaransimulasipada siklus I meningkat menjadi 50%, pada siklus II ratarata keaktifan siswa lebih meningkat lagi menjadi 80%. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Sep 2014 01:26
Last Modified: 21 Feb 2017 03:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14028

Actions (login required)

View Item View Item