UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH

PUJIWIDODO, NIM. 12485181 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH KRADENAN 1 SRUMBUNG MAGELANG JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (260kB)

Abstract

Puji Widodo. “Upaya meningkatan Prestasi belajar IPA dengan Metode Demonstrasi siswa kelas IV Materi Gaya Dapat Merubah Suatu Benda di MI Muhammadiyah Kradenan 1 Kradenan Srumbung Magelang “ Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Demonstrasi pada siswa Kelas IV di di MI Muhammadiyah Kradenan 1 Kradenan Srumbung Magelang untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan materi IPA. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV MI Muhammadiyah Kradenan 1 Kradenan Srumbung Magelang. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan observasi, tes tertulis individual pada akhir pembelajaran, dan melihat dokumentasi nilai mata pelajaran IPA, sebelum penerapan metode Demonstrasi data yang diperoleh dari dokumentasi nilai mata pelajaran IPA sebelum penerapan metode Demonstrasi dan nilai rata-rata tes tertulis akhir pembelajaran tiap-tiap siklus dengan penerapan metode Demonstrasi dianalisis menggunakan kualitatif deskriptif. Penggunaan metode Demonstrasi terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan metode Demonstrasi dalam pembelajaran mendorong minat dan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan bagi guru akan lebih mudah dalam mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kegiatan pra siklus yang menggunakan metode ceramah,tenya jawab ketuntasan belajarnya belum begitu baik yaitu baru 25 % yang mendapat nilai diatas kreteria ketuntasan minimal, sedangkan yang mendapatkan nilai di bawah kreteria ketuntasan minimal sebesar 75 %. Sedangkan pada siklus I dan II dengan menggunakan metode Demonstrasi, menunjukkan peningkatan secara signifikan yaitu pada siklus I mencapai 66,67 untuk efektivitas , dengan nilai rata-rata kelas hasil evaluasi sebesar 5,93. Pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 93,75, dengan nilai rata-rata kelas 8,125.. peningkatan nilai rata-rata siswa dari nilai pre-tes sampai dengan siklus II adalah 62,27 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Istiningsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Meningkatkan prestasi belajar dengan menggunakan methode Demonstrasi.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 30 Sep 2014 01:29
Last Modified: 28 Feb 2017 03:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item