MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FIKIH DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS II MI IMAM PURO DADIREJO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013 /2014

RITA SETYANINGSIH , NIM. 12485246 (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FIKIH DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS II MI IMAM PURO DADIREJO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013 /2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FIKIH DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS II MI IMAM PURO DADIREJO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013 /2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR FIKIH DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS II MI IMAM PURO DADIREJO PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2013 /2014 )
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Rita Setyaningsih. Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fikih dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas II Semester Genap MI Imam Puro Dadirejo Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi dan prestasi hasil belajar siswa kelas II semester II MI Imam Puro Dadirejo semester genap, tahun pelajaran 2013/2014 pada mata pelajaran Fikih. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan metode demonstrasi dan peningkatan motivasi dan prestasi belajara fikih siswa kelas II MI Imam Puro Dadirejo setelah melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi ? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran fikih kelas II dilakukan dua sikus, siklus I dan II masih sulit dikondisikan, terlihat siswa kurang memperhatikan saat guru memberi contoh dan berdemonstrasi gerakan shalat juga belum percaya diri ketika mengerjakan tugas dan hasil belajar belum memuaskan. Namun pada siklus II sudah mulai membaik, meskipun masih banyak kekurangan pada silkus I. Penelitian ini sudah berjalan mengikuti langkah-langkah yang direncanakan. Kedua, peningkatan motivasi belajar siswa dalam praktik shalat berjama’ah dengan metode demonstrasi pada siklus I indikator siswa tertarik pada guru cukup aktif, indikator ketertarikan pada mata pelajaran cukup aktif, indikator siswa dalam belajar kelompok cukup aktif,indikator mengingat kembali pelajaran cukup aktif, dan indikator mengontro kegiatan siswa juga cukup aktif. Sedangkan pada siklus II indikator siswa tertari pada guru kategori baik, indikator siswa tertarik pada mata pelajaran kategori baik, bergabung dengan kelompok kategori baik, mengingat kembali pelajaran kategori baik, mengontrol kegiatan kategori baik, sehingga peningkatan motivasi belajar siswa ini bisa dikatakan berhasil. Sedangkan peningkatan prestasi siswa dalam pembelajaran meningkat. Rata-rata prestasi siswa menggunakan metode demonstrasi pada siklus I meningkat menjadi 44,88%, pada siklus II rata-rata prestasi siswa lebih meningkat lagi menjadi 83,46%. Sedangkan hasil belajar pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 66,40, pada siklus II lebih meningkat menjadi 79,80.. Berdasarkan pencapaian hasil KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah yaitu 71,00 setelah dilakukan penelitian pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 44,80%, dan pada penelitian siklus II siswa yang mencapai KKM adalah 83,46%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Motivasi belajar, prestasi belajar, Metode Demonstrasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Sep 2014 08:34
Last Modified: 28 Feb 2017 14:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14031

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum