UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

WANTORO , NIM. 12485089 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS VB MIN KEBONAGUNG IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

WANTORO, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi di Kelas VB MIN Kebonagung Imogiri Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga , 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode demonstrasi yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VB MIN Kebonagung Imogiri Bantul Yogyakarta. Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi siswa serta kurangnya keterlibatan siwa dalam pembelajaran IPA , karena keaktifan siswa akan membantu siswa dalam penguasaan materi yang akhirnya akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Karena itu perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kwalitas pembelajaran dengan menerapkan metode yang dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru, dan subyek penelitianya adalah siswa kelas VB MIN Kebonagung Imogiri Bantul yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk memperoleh keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi Hasil penelitian menunjukkan : 1) Penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar dan keaktifan siswa kelas VB MIN Kebonagung Imogiri dilaksanakan dalam tiga siklus dan dapat terlaksana dengan baik serta dapat meningkatan hasil belajar dan keaktifan siswa Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar dengan persentase pada pra tindakan sebesar 50%, siklus I sebesar 50% , siklus II sebesar 66,67% dan siklus III sebesar 88,89% . Peningkatan nilai rata-rata hasil tes pada pra tindakan sebesar 71,00, siklus I sebesar 73,00, siklus II sebesar 80,56 dan pada siklus III sebesar 82,22. Peningkatan keaktifan siswa dari hasil angket pra tindakan sebesar 49,49%, siklus I sebesar 51,77%, siklus II sebesar 59,97% dan pada siklus III sebesar 67,68%. Peningkatan keaktifan siswa dari hasil observasi awal/ pra tindakan sebesar 69,08%, siklus I sebesar 72,25%, siklus II sebesar 80,42% dan pada siklus III sebesar 89,75%. Dengan demikian setiap siklus mengalami peningkatan pada hasil belajar maupun keaktifan siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Nur Rohmah,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pembelajaran IPA, Metode Demonstrasi , Prestasi Belajar, Keaktifan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 01 Oct 2014 09:28
Last Modified: 28 Feb 2017 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14035

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum