MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS III MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL

VINA ROHMANI , NIM. 13485304 (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS III MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS III MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN REALISTIK PADA SISWA KELAS III MI YAPPI NGRANCANG BLEBERAN PLAYEN GUNUNGKIDUL )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Dengan Menggunakan Pendekatan Realistik pada Siswa kelas III MI YAPPI Ngrancang Bleberan playen gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014 Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI YAPPI Ngrancang, Yogyakarta pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan pecahan sederhana menggunakan pendekatan realistik. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MI YAPPI Ngrancang yang berjumlah 9 anak, yang terdiri dari 3 anak perempuan dan 6 anak laki–laki. Sedangkan obyek akan diteliti adalah hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi pecahan sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah observasi, metode wawancara, metode dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III MI YAPPI Ngrancang, dengan pendekatan realistik. Hasil ini dibuktikan dengan hal-hal berikut: Hasil belajar Matematika terjadi peningkatan mengenai jumlah siswa yang berhasil mencapai ketuntasan dalam mata pelajaran Matematika. Jumlah siswa kelas III.Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar siswa 62,22 (sebelum diberi tindakan) menjadi 65,86 setelah diberi tindakan (pembelajran dengan pendekatan realistik) pada siklus I dan 78,2 pada siklus II. Ketuntasan belajar peserta didik juga meningkat dari 55,565% sebelum menggunakan pendekatan realistik, meningkat menjadi 77,78% setelah menggunakan pembelajaran dengan pendekatan ralistik siklus I dan 100% mencapai ketuntasan setelah menggunakan pembelajaran dengan pendekatan realistik siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra.Endang Sulistyowati, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Matematika, Realistik, Pecahan Sederhana
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Oct 2014 02:48
Last Modified: 28 Feb 2017 03:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14038

Actions (login required)

View Item View Item