PENERAPAN METODE MURATTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA ANAK RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014

UMAYATUN NAIN MUSYAFIAH , NIM. 12485231 (2014) PENERAPAN METODE MURATTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA ANAK RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE MURATTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA ANAK RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE MURATTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HAFALAN SURAT PENDEK PADA ANAK RA MUSLIMAT NU NGLUWAR 2 KELOMPOK B TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (460kB)

Abstract

Umayatun Naim Musyafiah, “Penerapan Metode Murattal Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Pada Anak RA Muslimat NU Ngluwar 2 Kelompok B Tahun Pelajaran 2013/2014”. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Kemampuan hafalan surat pendek pada anak RA Muslimat NU Ngluwar 2 sebagai pondasi menanamkan rasa cinta terhadap Alquran dirasa masih sangat kurang, karena dalam praktiknya belum memperhatikan kaidah-kaidah dan hukum bacaannya (Tajwidnya). Untuk itu perlu sekali diadakan penelitian dengan tujuan meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek pada anak RA Muslimat NU Ngluwar 2. Didalam penelitian ini peneliti menggunakan metode murattal, yaitu praktik membaca dengan tartil (pelan-pelan dan memperhatikan tajwidnya). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini dilaksanakan di semester genap pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan empat tahapan PTK, yaitu ; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan PTK ini peneliti mampu meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek pada anak RA Muslimat NU Ngluwar 2. Peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode murattal didalam penelitian ini berhasil, terbukti dengan adanya peningkatan kemampuan hafalan surat pendek pada anak yang semula (pra siklus) belum ada yang mencapai kategori baik dengan persentase 0%. Pada siklus I ada 10 anak yang mencapai kategori baik dengan persentase 45,4%, pada siklus II anak yang mencapai kategori baik ada 14 anak dengan persentase 63,6%, dan ada 3 anak yang mendapatkan kategori sangat baik dengan persentase 13,7%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan di awal skripsi ini telah terrbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sigit Prasetyo, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hafalan Surat Pendek, Metode Murattal.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 01 Oct 2014 02:36
Last Modified: 28 Feb 2017 04:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item