UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS III MI YAKTI WONOKERTO TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2013 / 2014

USWATUN KHASANAH , NIM. 12485235 (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS III MI YAKTI WONOKERTO TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2013 / 2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS III MI YAKTI WONOKERTO TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2013 / 2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SKI MENGGUNAKAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA SISWA KELAS III MI YAKTI WONOKERTO TEGALREJO MAGELANG TAHUN 2013 / 2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (616kB)

Abstract

upaya meningkatkan hasil belajar SKI menggunakan Strategi Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament pada siswa kelas III MI yakti Wonokerto Tegalrejo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013 / 2014. Proposal ini mengulas metode pembelajaran Cooperative learning Tipe Team Games Tournament sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran SKI yang dilatar belakangi mata pelajaran SKI siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan : (1) untukmengetahui penerapan metode cooperative learning tipe team games tournament pada pembelajaran SKI (2) untuk mengetahui peningkatan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran SKI melalui metode cooperative learning tipe team games tournament. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana penerapan strategi Cooperative Learning Tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran SKI di kelas III MI Yakti Wonokerto Tegalrejo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014.(2) Apakah strategi Cooperative Learning TipeTimes Games Tournament dalam pelajaran SKI dapat meningkatkan prestasi belajar SKI siswa kelas III MI Yakti Wonokerto Tegalrejo Kabupaten Magelang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilaksanakan pada siswa kelas III MI Yakti Wonokerto Tegalrejo Kabupaten Magelang. Data penelitian ini diperoleh dengan cara tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah Daya serap terhadap pengajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok.Perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran instruksional khusus (TIK) telah di capai oleh siswa baik secara individual maupun kelompok. Penelitian ini terbagi dalam dua siklus yang diawali dengan observasi dan analisis hasil belajar siswa sebagai kegiatan pra siklus. Data prasiklus yang diperoleh adalah rata – rata kelas 65,00 dan persentase ketuntasan klasikal 61,54 %. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I rata – rata kelas meningkat menjadi 72, 92 dan persentase ketuntasan klasikal 69,23%.Hasil penelitian pada siklus 1 menunjukkan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 anak, sedangkan pada siklus II rata – rata kelas 87,69, jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 anak dan persentase ketuntasan klasikal 84,62 %. Data siklus II dapat disimpulkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dapat mencapai indikator kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: hasil belajar SKI, Metode cooperative learning.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 01 Oct 2014 03:47
Last Modified: 28 Feb 2017 04:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item View Item