UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DANUREJO, MERTOYUDAN, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

UMI ALFIYAH , NIM. 12485232 (2014) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DANUREJO, MERTOYUDAN, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DANUREJO, MERTOYUDAN, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR AL-QUR’AN HADIS MELALUI METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DANUREJO, MERTOYUDAN, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai Al-Qur’an Hadis kelas V MI Ma’arif Danurejo Mertoyudan Magelang masih rendah, belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan sebesar 65. Masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM atau kurang dari 65. Dari pengamatan peneliti ketika pembelajaran Al-Qur’an Hadis berlangsung, terlihat siswa masih mengalami kesulitan yang disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut diantaranya : Fasilitas yang ada kurang memadai, sebagian besar siswa sulit untuk mengerjakan latihan, malas berlatih dan cenderung takut untuk belajar Al-Qur’an Hadis. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan lebih banyak ceramah dan memberi contoh, sehingga siswa tidak diberi banyak kesempatan untuk berlatih. Untuk mengatasi masalah tersebut maka proses pembelajaran menggunakan metode Everyone is a Teacher Here, karena dengan metode ini siswa akan terbiasa mandiri dan percaya diri sehingga siswa akan berani dan semangat dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan metode Everyone is a Teacher Here pada siswa kelas V MI Ma’arif Danurejo dan untuk mengetahui besarnya peningkatan prestasi belajar Al-Qur’an Hadis dengan menggunakan metode Everyone is a Teacher Here. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berbentuk siklus yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus dilakukan melalui 4 tahap, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dengan melibatkan siswa kelas V sejumlah 23 siswa MI Ma’arif Danurejo Kecamatan Mertoyudan Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Mata pelajaran yang diambil adalah Al-Qur’an Hadis dengan pokok bahasan " menterjemahkan surat Al-Qadr ". Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes, dan wawancara. Hasil rata-rata prestasi belajar pra siklus sebesar 56,96 pada siklus I sebesar 63,48 dan pada siklus II sebesar 73,48 atau meningkat sebesar 16,52 poin. Sedangkan ketuntasan belajar perorangan pada pra siklus = 34,78%, siklus I = 60,87% dan siklus II = 95,65%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar Al-Qur’an Hadis meningkat setelah pembelajaran menggunakan metode Everyone is a Teacher Here dan mencapai standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang cukup memuaskan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dra. Sri Sumarni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Belajar Al-Qur’an Hadis, Metode Everyone is a Teacher Here.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Oct 2014 01:05
Last Modified: 28 Feb 2017 04:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14043

Actions (login required)

View Item View Item